RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SUKU CADANG DAN SERVICE PADA IYAN MOTOR BERBASIS OBJECT ORIENTED
Abstract
Bengkel Iyan melayani konsumen selama ini masih menemui kesulitan dan kesalahan contohnya kesulitan dalam pencarian data, pemrosesan data yang membutuhkan waktu yang cukup lama, kesalahan perhitungan ketika melakukan perhitungan biaya service dan perhitungan pembelian suku cadang, penyimpanan data yang masih kurang aman dan proses pelaporan yang masih kurang efektif. Hal itu disebabkan pada saat melakukan kegiatan transaksi yang dilakukan oleh pihak IYAN Motor masih menggunakan cara-cara konvensional. Akibatnya petugas sering melakukan kesalahan-kesalahan dalam mencatat data sampai pembuatan laporan dan sehingga layanan konsumen sering mengalami keterlambatan. Maka Penulis melakukan penelitian mengenai sistem informasi service dan penjualan yang efesien. Metodologi yang di gunakan pada penelitian ini melakukan metode pengumpulan data, wawancara dan juga analisa dokumen yang di gunakan dalam proses bisnis perusahaan, sedangkan untuk melakukan perancangan alat yang di gunakan dengan menggunakan Unified Modeling Language.Dari hasil perancangan sistem tersebut akan menghasilkan pengolahan data pelanggan, pengolahan data suku cadang, hingga laporan service kendaraan. Sistem yang di rancang ini diharapkan dapat menghasilkan keseragaman informasi, sehingga dapat memudahkan pengguna untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.