SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU DENGAN METODE ANALYTICAL HIRARCHY PROCESS (AHP) DAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) PADA SDIT AMAL MULIA

  • Eka Hadi Subekti
  • Anita Diana
Keywords: SPK, AHP, SAW, Penilaian guru

Abstract

Penilaian kinerja guru diharapkan meningkatkan semangat, motivasi dan profesionalisme para guru. Masalah yang dihadapi antara lain, proses penilaian masih dilakukan secara manual menggunakan form penilaian dengan didasarkan pada analisa pribadi pihak penilai sekolah SDIT Amal Mulia, sehingga membutuhkan waktu yang lama proses perhitungan hasil penilaian, dan memungkinkan terjadi kesalahan. Selain itu, masing-masing kriteria yang digunakan tidak memiliki bobot, sehingga tidak terlihat keuunggulan masing-masing guru pada kriteria tertentu dalam hasil penilaian. Berdasarkan hal itu, maka dibuatlah suatu sistem pendukung keputusan penilaian kinerja guru yang dapat membantu pihak sekolah dalam menentukan siapa saja guru yang berhak menjadi guru terbaik. Sistem ini dibangun dengan menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk pembobotan kriteria, dan Metode Simple Additive Weighting(SAW) untuk perangkingan guru terbaiknya. Beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh pihak sekolah, yaitu menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, dan komunikasi dengan peserta didik.. Penelitian akan menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk mempermudah pengambilan keputusan guru terbaik dengan cepat dan lebih baik, mengetahui kriteria prioritas dan melihat keunggulan masing- masing guru pada kriteria tertentu, serta menghasilkan keputusan lebih objektif berupa daftar rekomendasi perankingan guru terbaik pada SDIT Amal Mulia.

Published
2020-07-06
How to Cite
[1]
E. Subekti and A. Diana, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU DENGAN METODE ANALYTICAL HIRARCHY PROCESS (AHP) DAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) PADA SDIT AMAL MULIA”, IDEALIS, vol. 3, no. 2, pp. 33-40, Jul. 2020.
Section
Decision Support System