RANCANGAN E-CRM: DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN STUDI KASUS PT. HASSANA BOGA SEJAHTERA
Keywords:
CRM, use case, sequence diagram, customer relationship management, loyalitasAbstract
PT. Hassana Boga Sejahtera adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan produk makan bayi. Setiap hari terjadi transaksi, dan terkadang dari transaksi itu menimbulkan ketidak puasan pelanggan akibat beberapa faktor. Namun, karena tidak adanya pencatatan komplain/keluhan pelanggan yang terstruktur itu mengakibatkan perusahaan sangat lambat dalam penanganan komplain pelanggan bahkan tidak ditangani karena penyampaian komplain hanya lewat mulut saja ataupun pesan singkat. Selain itu, calon reseller terkadang malah mengurungkan niatnya untuk membeli produk. Ini diakibatkan karena tidak bisa melihat kepuasan reseller yang lain setelah membeli produk perusahaan itu. Oleh karena itu. model customer relationship management dibutuhkan pada perusahaan ini untuk meningkatkan kedekatan antara perusahaan dengan pelanggan agar meminimalisir pengurangan reseller yang disebabkan kurangnya kepuasan yang didapat oleh pelanggan tersebut. Hasil penelitian ini berupa analisa dan perancangan berbasis website, Use Case diagram, sequence diagram, dan prototype yang mendukung rancangan interface antara sistem dengan pengguna. Dengan analisa dan perancangan sistem informasi ini, diharapkan PT. Hassana Boga Sejahtera dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.