PENERAPANELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS TERHADAP PASIEN PADA RUMAH SAKIT AMINAH CILEDUG
Keywords:
Electronic Customer Relationship (E-CRM), meningkatkan loyalitas, rumah sakitAbstract
Rumah Sakit Aminah, adalah Rumah Sakit dengan konsep"Nyaman dan Asri"yang menunjang kebutuhan masyarakat yang tenang guna pemulihan kesehatan pasien. Masalah yang dihadapi oleh Rumah Sakit Aminah adalah penjadwalan dokter di website tidak up to date, kurangnya informasi di website tentang event dan artikel kesehatan, kurangnya respon dan informasi dalam menanggapi telepon dari pasien, website belum bisa melakukan pendaftaran online, kurang tersosialisasinya form Komplain keluhan pasien di website, kurang tersosialisasinya informasi event yang diadakan. Untuk mengatasi masalah tersebut, di perlukan sebuah Sistem Informasi E-CRM. Penulis mengimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP dan menggunakan database My SQL. Dengan diterapkanya sistem berbasis web melalui pendekatan electronic customer relationship management (E-CRM) diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada Rumah Sakit Aminah sehingga dapat meningkatkan loyalitas pasien dalam mempercayakan kesehatannya kepada Rumah Sakit Aminah.