RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA LOOKASS LOOKISS ART WORK GARAGE GUNA MEMPERLUAS AREA PENJUALAN
DOI:
https://doi.org/10.36080/idealis.v4i1.2813Keywords:
E-Commerce, E-Commerce Desain Mural, Aplikasi Penjualan Berbasis Web, Lookass Lookiss Art Work GarageAbstract
Lookass Lookiss Art Work Garage merupakan usaha yang bergerak di bidang penjualan produk seni, salah satu produknya adalah desain seni mural. Seni mural adalah bentuk seni dua dimensi yang ditampilkan pada ruang publik. Seni ini sering dijumpai di tembok-tembok rumah pinggir jalan, tembok gang maupun sarana umum lainnya. Seni mural saat ini mulai berkembang karena dapat merubah kesan ruangan atau bangunan menjadi bernilai seni dan menarik perhatian masyarakat. kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh pengusaha yang bergerak di bidang seni untuk mulai menjual jasa desain seni mural dalam bentuk digital. Masalah utama yang dihadapi dalam penjualan ini adalah pencatatan data pemesanan yang tidak terorganisir dengan baik serta terbatasnya area penjualan jasa seni mural. Dengan permasalahan tersebut maka akan dibangun sebuah aplikasi penjualan berbasis website yang dapat diakses pelanggan tanpa terbatas waktu dan tempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototype dengan tahapan analisa, perancangan sistem, pembuatan prototype dan pengujian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi literatur. Sistem informasi yang dibangun terdiri dari pemesanan, pembayaran serta pengiriman desain. Diharapkan dengan sistem ini dapat mempermudah pelanggan dalam memesan desain seni mural serta dapat meningkatkan jangkauan area penjualan bagi pemilik usaha
Downloads
References
A. Purnomo and B. Basuki, “Variasi Bahasa Mural Di Daerah Istimewa Yogyakarta,” Caraka, vol. 6, no. 1, p. 84, 2019, doi: 10.30738/.v6i1.6593.
T. Assyfah, M. Halimah, and R. Giyartini, “Seni Mural untuk Meningkatkan Minat Membaca di Perpustakaan SD Laboratorium Percontohan UPI Tasikmalaya,” Indones. J. Prim. Educ., vol. 3, no. 1, p. 29, 2019, doi: 10.17509/ijpe.v3i1.17979.
R. P. Sutanto, “Studi Kasus Website Gramedia sebagai Media Online untuk Membeli Buku,” Nirmana, vol. 17, no. 1, p. 37, 2018, doi: 10.9744/nirmana.17.1.37-41.
Krismiaji, Sistem Informasi Akuntansi, 4th ed. Yogyakarta: YKPN, 2015.
W. A. Triyanto, “analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Tas,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 6, no. 3, pp. 63–67, 2017.
Sofyan and Usman, “Sistem Informasi Penjualan Sepatu Berbasis Web Pada Toko Stephen Sports,” J. Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 11–21, 2019, doi: 10.32520/jupel.v1i1.779.
A. Multajam and M. A. Sutisna, “Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Website Pada Toko KMART KOPERASI PEKERJA NOK INDONESIA,” vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2020.
M. N. Mthiyane and A. Hugo, “Sistem Informasi Penjualan Barang Berbasis Ecommerce Pada CV. Citra Bersama Banda Aceh,” J. Informatic, Educ. Manag., vol. 3, no. 2252, pp. 58–66, 2019, [Online]. Available: http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987.
S. Khoiriyah and R. M. Manikam, “analisis dan Perancangan Sistem Perhitungan Insentif Marketing Trade Menggunakan Sistem Remunerasi,” EDUMATIC J. Pendidik. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 99–108, 2019, doi: 10.29408/edumatic.v3i2.1691.
W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, p. 206, 2018, doi: 10.30998/string.v3i2.3048.