Analisis Dan Perancangan Aplikasi Pengenalan Kampus dengan Menerapkan Teknologi Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.36080/idealis.v8i2.3519Keywords:
Augmented Reality, Aplikasi, Mobile, MDCL, UCDAbstract
Sebagai kampus yang ingin lebih maju, diperlukan promosi yang lebih baik. Didukung dengan adanya media informasi yang interaktif. Beberapa teknologi dewasa ini yang digunakan di berbagai Universitas sebagai media informasi, mulai dari teknologi cetak seperti koran, audio visual, komputerisasi, sampai tekonologi gabungan antara cetak dan komputerisasi di Universitas Nusa Nipa. Namun memerlukan perangkat eksterior tambahan, hal ini dapat meningkatkan biaya tambahan dan keterbatasan mahasiswa mengakses informasi membuat media cetak kurang diperhatikan, Hal ini menyebabkan informasi yang diperoleh kurang lengkap dari kampus sendiri. Untuk mendukung dalam memberikan informasi tentang kampus Universitas Nusa Nipa kepada publik, diperlukan media tambahan berupa aplikasi pengenalan kampus sebagai layanan dalam menginformasikan fasilitas kampus dengan tampilan desain 3D atau Augmented Reality (AR). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah merancang aplikasi berbasis mobile dengan menerapkan teknologi AR. AR memiliki potensi besar sebagai media promosi yang menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem dari gabungan (Multimedia Development Life Cycle) MDLC dan UCD pada proses product of design dan evaluate design againts. Aplikasi ini dapat di install melalui smartphone yang menmpilkan fasilitas kampus dan gedung di Universitas Nusa Nipa Maumere. Hasil dari penelitian ini memungkinkan semua mahasiswa untuk mengetahui informasi kampus melalui aplikasi yang ada pada smartphone.
Downloads
References
[1] H. Afiq, S. N. Junaini, and A. H. Fauzi, “Mobile Augmented Reality for Biology Learning: Review and Design Recommendations,” J. Crit. Rev., vol. 7, no. 12, 2020, doi: 10.31838/jcr.07.12.104.
[2] M. A. M. AlGerafi, Y. Zhou, M. Oubibi, and T. T. Wijaya, “Unlocking the Potential: A Comprehensive Evaluation of Augmented Reality and Virtual Reality in Education,” Electron., vol. 12, no. 18, 2023, doi: 10.3390/electronics12183953.
[3] H. Pujiastuti and R. Haryadi, “The Effectiveness of Using Augmented Reality on the Geometry Thinking Ability of Junior High School Students,” Procedia Comput. Sci., vol. 234, pp. 1738–1745, 2024, doi: 10.1016/j.procs.2024.03.180.
[4] F. Pilati, M. Faccio, M. Gamberi, and A. Regattieri, “Learning manual assembly through real-time motion capture for operator training with augmented reality,” Procedia Manufacturing., vol. 45, pp. 189–195, 2020, doi: https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.093.
[5] M. Eder, M. Hulla, F. Mast, and C. Ramsauer, “On the application of augmented reality in a learning factory working environment,” Procedia Manuf., vol. 45, pp. 7–12, 2020, doi: 10.1016/j.promfg.2020.04.030.
[6] C. Smith and C. J. Friel, “Development and use of augmented reality models to teach medicinal chemistry,” Curr. Pharm. Teach. Learn., vol. 13, no. 8, pp. 1010–1017, 2021, doi: 10.1016/j.cptl.2021.06.008.
[7] R. Seviana, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Pembelajaran Geografi Materi Planet di Tata Surya,” Geodika J. Kaji. Ilmu dan Pendidik. Geogr., vol. 6, no. 2, pp. 198–208, 2022, doi: 10.29408/geodika.v6i2.6122.
[8] M. A. Kuron and M. L. Tompodung, “Development of Integrated Offline Learning Multimedia to Improve Student Learning Out Comes,” Int. J. Glob. Oper. Res., vol. 1, no. 1, pp. 6–19, 2020, doi: 10.47194/ijgor.v1i1.14.
[9] M. R. Rachim, A. Salim, and Q. Qomario, “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pendidikan Modern,” J. Ris. dan Inov. Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 594–605, 2024, doi: 10.51574/jrip.v4i1.1407.
[10] D. H. Guzmán, P. C. Muñoz, and N. R. Duarte, “Augmented Reality for Civic Education within Makerspace Museums,” Procedia Comput. Sci., vol. 231, no. 2023, pp. 184–189, 2024, doi: 10.1016/j.procs.2023.12.191.
[11] K. M. S. Faqih and M.-I. R. M. Jaradat, “Integrating TTF and UTAUT2 theories to investigate the adoption of augmented reality technology in education: Perspective from a developing country,” Technol. Soc., vol. 67, p. 101787, Nov. 2021, doi: 10.1016/j.techsoc.2021.101787.
[12] Soha Abutaleb, “The use of Augmented Reality Technologies in the Tourism Industry,” Ref. Modul. Soc. Sci., 2024, doi:10.1016/B978-0-443-13701-3.00005-0
[13] F. N. Kumala, A. Ghufron, P. P. Astuti, M. Crismonika, M. N. Hudha, and C. I. R. Nita, “MDLC model for developing multimedia e-learning on energy concept for primary school students,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1869, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1869/1/012068.
[14] M. Yunita, F. A. Wara, and N. Hadi, “MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 3 MAUMERE,” Inov. dan Kreasi Teknol., 2021, [Online]. Available: https://jurnal.nusanipa.ac.id/index.php/increate/article/view/336
[15] S. Pratama, E. R. Kurniasi, R. Dewi, and Desvitasari, “Pengenalan Teknologi Augmented Reality pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang dan Bangun Datar,” Community Dev. J., vol. 4, no. 1, pp. 217–221, 2023.
[16] D. B. Rabani and M. Zakariyah, “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Pengenalan Jaringan Tumbuhan Berbasis Android,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 4, pp. 1–10, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i4.1697.
[17] N. M. Ikhsan, N. R. Dewi, and S. B. Waluya, “Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Model Pembelajaran Preprospec berbantuan Aplikasi Game Android: Systematic Literature Review (SLR). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika,” Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 4, pp. 253–260, 2024, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
[18] B. Salsabila, A. Akhyar, A. Setiawan, and D. A. Chandra, “Pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Kelas VII SMPN 1 Rambah,” J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 856–863, 2023, doi: 10.31004/joe.v6i1.3002.
[19] Masdar Limbong, Firmansyah, Fauzi Fahmi, and Rabiatul Khairiah, “Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah,” Decod. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 27–35, 2022, doi: 10.51454/decode.v2i1.27.
[20] R. Romli, A. F. Razali, N. H. Ghazali, N. A. Hanin, and S. Z. Ibrahim, “Mobile Augmented Reality (AR) Marker-based for Indoor Library Navigation,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 767, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1757-899X/767/1/012062.
[21] D. Baranova, V. Skyba, T. Rozum, and K. Zolotukhina, “Ranking of Technologically Significant Factors Determining the Quality of Reproduction of Augmented Reality Elements,” Eastern-European J. Enterp. Technol., vol. 1, no. 4–115, pp. 51–65, 2022, doi: 10.15587/1729-4061.2022.251225.
[22] D. Haversyalapa, S. Puspasari, and R. Gustriansyah, “Klasterisasi Pixel Citra Koleksi Foto Museum Monpera Dengan Metode K-Means Pada Aplikasi Augmented Reality,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 7, no. 2, pp. 189–199, 2024, doi: 10.36080/idealis.v7i2.3175.
[23] N. Sari, R. Gustriansyah, and Z. R. Mair, “Analisis User Experience Untuk Mengoptimasi Aplikasi Prodeskel Di Kota Palembang,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 7, no. 1, pp. 85–97, 2024, doi: 10.36080/idealis.v7i1.3126.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Yunita, Yohanes Brekmans M Darkel, Maria Wihelmina Lodan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.