Penerapan Sistem E-Commerce Berbasis Content Management System untuk Optimasi Penjualan CV Sinergi Prima Magna

Authors

  • Jeremy Jonathan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Jakarta, Indonesia
  • Ikhsan Rahdiana Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Daifullah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Jakarta, Indonesia
  • Haekal Rida Putra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Jakarta, Indonesia
  • Afnan Firdaus Ferdiansyah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36080/idealis.v8i2.3539

Keywords:

Content Management System, E-Commerce, Website, Woocommerce, Wordpress

Abstract

Kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak besar terhadap transformasi dalam dunia bisnis, termasuk bagi CV Sinergi Prima Magna yang bergerak di bidang penjualan buku pengetahuan dan pelajaran melalui model business-to-business (B2B). Untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang era digital, perusahaan ini memutuskan memperluas pasar ke segmen business-to-customer (B2C). Upaya ini diwujudkan dengan membangun sebuah website berbasis Content Management System (CMS) menggunakan platform WordPress dan plugin Woocommerce. Pemilihan WordPress sebagai CMS didasarkan pada kemudahan penggunaan, fleksibilitas, serta dukungan komunitas yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses penerapan sistem e-commerce berbasis CMS tersebut dan dampaknya terhadap proses bisnis perusahaan. Metode yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan studi literatur untuk mengidentifikasi kebutuhan sistem, yang kemudian dilanjutkan dengan tahapan desain, implementasi, dan evaluasi. Website e-commerce ini tidak hanya memperluas jangkauan penjualan ke masyarakat umum, tetapi juga mempermudah pihak admin dalam membuat laporan penjualan, pendapatan, dan pengelolaan stok barang. Selain itu, sistem ini membantu meminimalisir kesalahan dalam pembaruan data produk, dokumentasi transaksi, serta pembuatan laporan penjualan dan pembelian. Hasil implementasi menunjukkan bahwa penggunaan CMS mampu meningkatkan efisiensi operasional, mempercepat proses bisnis, dan meningkatkan pengalaman pelanggan dalam mengakses informasi serta melakukan transaksi. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mengadopsi solusi e-commerce yang efektif dan efisien berbasis CMS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. F. Pratama and A. Diana, “Implementasi E-Commerce Dengan Content Management System Wordpress Menggunakan Woocommerce Pada Hopeandsoles.Id,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 20–30, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i1.2769.

[2] H. Hasugian and F. Firmanto, “Analisis Dan Perancangan E-Commerce Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Kayra Nu Hijab,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 40–48, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2880.

[3] M. Nurdin and A. Diana, “Perancangan E-Commerce Berbasis Web Menggunakan Business Model Canvas Dan Content Management System Pada the 3 Angle Corp,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 147–156, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i2.2844.

[4] F. Ristia, A. Diana, and A. Ariesta, “Implementasi E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Menggunakan Content Management System (Cms) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Distro Betawi Boys,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 30–39, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2867.

[5] M. A. Fauzan and Y. Yuliazmi, “Implementasi E-Commerce Pada Kios Kelinci Petani Menggunakan Content Management System (Cms) Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc),” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 223–231, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i2.2853.

[6] I. Ruslianto and Y. Erniajan, “Penerapan Model Waterfall dalam Pengembangan Perangkat Lunak Pemantauan Tanaman Anggur Berbasis Mobile Menggunakan IoT,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 5, no. 3, pp. 526–534, 2024, doi: 10.47065/josyc.v5i3.5099.

[7] R. H. Nurhuda and H. Irawan, “Penerapan E-Commerce Business To Consumer (B2C) Menggunakan Content Management System Wordpress Studi Kasus Jocysprei,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 6, no. 1, pp. 17–26, 2023, doi: 10.36080/idealis.v6i1.2987.

[8] M. R. Haiqal and Y. Yuliazmi, “Perancangan E-Commerce Pada Jeys Corner Untuk Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode Business Model Canvas,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 2, pp. 568–573, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i2.2725.

[9] M. Nur, I. Wicaksono, H. Irawan, T. Informasi, S. Informasi, and U. B. Luhur, “MERANCANG BANGUN WEB E-COMMERCE MENGGUNAKAN,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 9–18, 2022, doi: 10.36080/idealis.v5i1.2882.

[10] Tian Ahmad Setiawan, Wiyanto Wiyanto, and Agus Suwarno, “Penerapan Metode Rad Dalam Implementasi E-Commerce Berbasis Web Pada Cv. Tenda Teduh Abadi,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 5, no. 3, pp. 373–382, 2023, doi: 10.51401/jinteks.v5i3.3140.

[11] A. Ratino, R. Astri, and P. Anggraini, “Implementasi Framework Laravel Dalam Pengembangan Aplikasi E-Commerce Untuk Toko Jago Software,” J. Informatics Busisnes, vol. 01, no. 02, pp. 33–43, 2023, doi: 10.47233/jibs.v1i2.62.

[12] Mahesa and A. Basri, “RANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE BERBASIS WEB UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR TOKO KLONTONG DI KABUPATEN TANGERANG,” bit-Tech, vol. 7, no. 2, pp. 272–280, Dec. 2024, doi: 10.32877/bt.v7i2.1742.

[13] M. H. Thabibi, S. Fitri, A. Wati, and T. P. Rinjeni, “Implementasi User Acceptance Testing ( UAT ) Pada Website E-Commerce UMKM BBhealthy,” ADOPSI Teknol. DAN Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 19–26, 2025, doi: 10.30872/atasi.v 4i1.2904.

[14] P. Hayati, K. Harsanto, A. R. N. Fauzie, and A. Rifai, “SISTEM INFORMASI KEHADIRAN SOPIR PADA PT BLUE BIRD TBK BERBASIS WEB,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 8, no. 1, pp. 1–9, Jan. 2025, doi: 10.36080/idealis.v8i1.3341.

[15] S. K. Rahayu, S. Ruqoyah, S. Berliana, S. B. Pratiwi, and H. Saputra, “Cybercrime dan dampaknya pada teknologi e-commerce,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 5, no. 3, pp. 632–637, 2021, doi: 10.52362/jisamar.v5i3.478.

Downloads

Published

07/25/2025

How to Cite

[1]
J. Jonathan, I. Rahdiana, M. Daifullah, H. R. Putra, and A. Ferdiansyah, “Penerapan Sistem E-Commerce Berbasis Content Management System untuk Optimasi Penjualan CV Sinergi Prima Magna”, IDEALIS, vol. 8, no. 2, pp. 277–286, Jul. 2025.