Pengembangan Antarmuka Aplikasi Bergerak dengan Perangkat Prototyping Berbasis Kecerdasan Buatan
DOI:
https://doi.org/10.36080/idealis.v8i2.3547Keywords:
Kecerdasan Buatan, UI/UX, Aplikasi Mobile, Prototyping, E-CanteenAbstract
Kecerdasan buatan telah banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pengembangan sistem atau aplikasi bergerak. Dalam merancang aplikasi, kualitas antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) merupakan faktor krusial yang menentukan kenyamanan dan kepuasan pengguna. Namun, proses perancangannya sering kali memakan waktu dan memerlukan keahlian khusus. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pemanfaatan perangkat prototyping berbasis kecerdasan buatan serta membandingkan hasil desain antarmuka yang dihasilkan kecerdasan buatan dengan rancangan manual oleh manusia. Metode pengembangan yang digunakan adalah prototyping, terdiri dari tiga tahap utama: mendengarkan pelanggan melalui observasi dan wawancara, pembuatan prototipe secara manual dan buatan kecerdasan buatan, serta uji coba prototipe menggunakan platform Maze dan kuesioner System Usability Scale (SUS). Studi kasus dilakukan pada aplikasi e-canteen untuk “Kantin Kita” di Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, yang mendukung pemesanan makanan secara online. Perangkat prototyping kecerdasan buatan yang digunakan adalah Motif, Uizard, dan Uxpilot, sedangkan desain prototipe manual menggunakan bantuan kecerdasan buatan seperti ChatGPT dan Freepik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe manual memperoleh skor Maze Usability Score (MAUS) sebesar 86, dan skor System Usability Scale (SUS) sebesar 93 yang termasuk kategori “acceptable” dengan grade A, mendekati “best imaginable”. Penelitian ini menunjukkan bahwa baik desain kecerdasan buatan maupun manual dapat menghasilkan antarmuka yang layak jika menerapkan prinsip UI/UX yang tepat. Kolaborasi antara kecerdasan buatan dan keahlian manusia terbukti mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses desain, di mana kecerdasan buatan berperan sebagai alat bantu, bukan sebagai pengganti peran desainer maupun pengembang.
Downloads
References
[1] R. Haqiqi Alif Fourniawan, A. Eviyanti, dan S. Busono, “Pengembangan Artificial Intelligence Berupa Virtual Assistant Mobile Menggunakan Framework Flutter,” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), vol. 7, no. 1, pp. 53-61, 2024, doi: https://doi.org/10.37600/tekinkom.v7i1.1169
[2] M. Imam Muttaqin, E. Subekti, dan D. Firman Sidik, “Pembuatan Desain UI/UX Website Sistem Reservasi Sarana Dan Prasarana Menggunakan Aplikasi Figma Studi Kasus Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat,” Jurnal Resonat Algorithmus, vol. 1, no. 1, 2023. Tersedia pada: https://jurnal.unipi.ac.id/index.php/ALGORITHMUS/article/view/74
[3] M. Insyra Putri, E. Piantari, dan E. Junaeti, “Development of UI / UX Design in Web-Based Artificial Intelligence Learning on Student Learning Motivation with a User-centered Design Approach,” Jurnal Guru Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 11–20, 2023, doi: https://doi.org/10.17509/jgrkom.v4i1.64140.
[4] Pandian, and S. Suleri, “BlackBox Toolkit: Intelligent Assistance to UI Design,” arXiv.org, 2020. https://arxiv.org/abs/2004.01949 (accessed Jun 23, 2025).
[5] S. Ziha Fidela, M. Putri Azizah, dan S. Rizka Hidayah, “Tren Pengembangan Aplikasi Mobile: Sebuah Tinjauan Literatur,” Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro dan Informatika (JTMEI), vol. 2, no. 4, pp. 30–48, 2023, doi: https://doi.org/10.55606/jtmei.v2i4.2848.
[6] A. Maulana et al., “Pengembangan Aplikasi Mobile Phone AI Berbahasa Indonesia untuk Dukungan Emosional,” Journal of Information System and Technology, vol. 4, no. 3, pp. 439–446, 2023, doi: https://doi.org/10.37253/joint.v4i3.8480.
[7] J. Lively, J. Hutson, dan E. Melick, “Integrating AI-Generative Tools in Web Design Education: Enhancing Student Aesthetic and Creative Copy Capabilities Using Image and Text-Based AI Generators,” DS Journal of Artificial Intelligence and Robotics, vol. 1, no. 1, pp. 23–33, 2023, Available: https://digitalcommons.lindenwood.edu/faculty-research-papers/482/
[8] A. Mortazavi, " Enhancing User Experience Design workflow with Artificial Intelligence tools,” M.S. thesis, Department of Management and Engineering., Linköping University, 2023. [Online]. Available: https://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:1800706/FULLTEXT01.pdf
[9] K. Nina Lestari Mastra dan R. Fitri Dharmawan, “Tinjauan User Interface Design Pada Website E-Commerce Laku6,” NARADA, Jurnal Desain & Seni, vol. 5, no. 1, hlm. 93–108, 2018, Available: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/narada/article/view/4067.
[10] S. M. Prasetiyo, H. Simanjuntak, D. B. Laksono, and M. G. N. Gunawan, “UI UX Developer: Pengembang UI UX,” LOGIC: Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 50–58, Dec. 2022, Accessed: Mar. 05, 2024. [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/1332
[11] E. Ashtye Mufidah dan S. Trihantoyo, “Efektivitas Layanan Khusus Kantin Digital (E-Canteen) Dalam Meningkatkan Digital Quotient Siswa,” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, vol. 08, no. 04, pp. 517–530, 2020.
[12] F. Nur Hasanah dan R. Sri Untari, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. Sidoarjo:UMSIDA Press, 2020.
[13] M. Andri Sanubekti, G. Lea Dajoreyta, dan N. Anggraini, “Pembuatan Desain UIUX Dengan Metode Prototyping Pada Aplikasi Mobile Layanan Pengadilan Negeri Bale Bandung Menggunakan Figma,” Jurnal Informatika Terpadu, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2024, doi: https://doi.org/10.54914/jit.v10i1.1001.
[14] F. Febrianto dan W. Andhika, “Penggunaan Metode User Persona dalam Upaya Penambahan Kebutuhan Fitur Learning Management System,” Jurnal Syntax Admiration, vol. 2, no. 7, pp. 1245–1256, 2021, https://doi.org/10.46799/jsa.v2i7.274
[15] Magfirah Magfirah, Lilis Nur Hayati, and Herdianti Darwis, “Evaluasi Kebergunaan Platform Pembelajaran Digital Sekolah Al-Fityan Menggunakan Metode System Usability Scale,” IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, vol. 7, no. 2, pp. 146–153, 2024, doi: https://doi.org/10.36080/idealis.v7i2.3151.
[16] M. Fadillah Rizky dan Munawaroh, “Perancangan Aplikasi E-Canteen Dengan Jetpack Compose Dan Pembayaran Menggunakan Sistem Saldo Berbasis Android,” JORAPI: Journal of Research and Publication Innovation, vol. 2, no. 3, pp. 2458–2469, 2024.
[17] A. Surya Kusuma, M. Nur Solichin, dan M. Evi Yuliana, “Perancangan Aplikasi Duta Bangsa E-Kantin Sebagai Media Komunikasi Digital Berbasis Android,” IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, vol. 7, no. 2, pp. 128–135, 2024, doi: https://doi.org/10.36080/idealis.v7i2.3174.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Naufaliana Zahrah, Beni Suranto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.