IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TATA SURYA PADA SD NEGERI SUDIMARA 5 CILEDUG
DOI:
https://doi.org/10.36080/skanika.v4i1.2128Keywords:
Augmented Reality, Android, Tata SuryaAbstract
Tata surya merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang diajarkan di SD Negeri Sudimara 5 Ciledug, pembejalaran tentang tata surya masih menggunakan cara tradisional berupa buku, pembejalaran ini menjadi kurang menarik, sehingga perlu dibuat inovasi baru dalam media pembelajarannya, salah satu nya dengan menerapkan teknologi augmented reality berbasis Android, dengan metode marker based tracking. Aplikasi ini memiliki fitur memunculkan planet-planet dalam bentuk tiga dimensi dari masing-masing marker yang ada. Teknologi augmented reality dapat diimplementasikan dengan baik pada aplikasi pembelajaran tentang tata surya berbasis Android sehingga mampu meningkatkan minat belajar murid pada SD Negeri Sudimara 5 Ciledug.
Downloads
References
Ammatia, R. (2012). Augmented Reality Paper, [online] Available at : https://bit.ly/2IwPE9R [Accessed 24 Mei 2019].
Lyu, M. R. (2012). Digital Interactive Game Interface Table Apps. Hongkong: Chinese University of Hongkong.
Saputro, R. E., Saputra, D. I. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika, 6(2), 153–162. https://doi.org/10.24002/jbi.v6i2.404.
Sartika, Y., Tambunan, T. D., & Telnoni, P. A. (2016). Aplikasi Pembelajaran Tata Surya untuk IPA Kelas 6 Sekolah Dasar Menggunakan Augemented Reality Berbasis Android. E-Proceeding Of Applied Science, 2(3), 895. Retrieved from http://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/3572/3387.