Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Usaha Strategis Dengan Metode Naïve Bayes Classifier
Abstract
English Muslim merupakan Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris. Pihak English Muslim ingin membuka cabang baru atau berpindah lokasi, namun mengalami kesulitan dalam hal menentukan lokasi usaha yang strategis. Menentukan lokasi usaha untuk English Muslim bukan hal yang mudah, dikarenakan apabila lokasi usaha ini tidak terlihat atau tidak terjangkau maka akan sangat sulit untuk berkembang. Berdasarkan pemaparan tersebut dibutuhkannya salah satu metode yang dapat menentukan lokasi usaha yang strategis. Salah satu metode tersebut adalah Data Mining dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier. Data awal yang di gunakan pada data mining yaitu data survei dari lembaga kursus yang bekerja sama dengan English Muslim. Penelitian menyajikan perhitungan Naïve Bayes dalam menentukan lokasi usaha yang strategis, atribut yang digunakan price year, business completeness, target, competitors, position location, wide street, dan public transportation. Metode Naïve Bayes tersebut diimplementasikan dalam sebuah sistem penentu lokasi usaha yang strategis, berbasis web dengan bahasa pemprograman Java dan Framework Zkoss. Hasil penelitian aplikasi ini menunjukan bahwa pihak English Muslim dapat menentukan lokasi usaha stategis atau tidaknya dengan kecepatan waktu yang berjalan cepat, dilihat dari pengujian aplikasi.Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
CC BY-SA 4.0
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International
This license requires that reusers give credit to the creator. It allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, even for commercial purposes. If others remix, adapt, or build upon the material, they must license the modified material under identical terms.
BY: Credit must be given to you, the creator.
SA: Adaptations must be shared under the same terms.ng