APLIKASI PENCARIAN INFORMASI KONTEN MENGGUNAKAN ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT PADA APLIKASI LIBRO PUSTAKA DIGITAL
Abstract
Teknologi informasi dan digital yang berkembang pesat saat ini, ditujukan bagi manusia untuk mendapat pengetahuan dan informasi yang kompeten sesuai dengan kebutuhan secara cepat, tepat dan jelas, akses menggunakan internet semakin meluas. Alhasil, alat yang digunakan untuk mengakses internet, yaitu gadget menguasai hampir seluruh lapisan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Penelitian menunjukkan 84% penduduk Indonesia tercatat sebagai pengguna gadget (Kominfo, 2014). Hal ini berpengaruh juga kepada berubahnya minat baca. Penggunaan gadget searah dengan berubahnya fungsi bacaan sehari-hari. Maka terciptalah buku digital yang kita kenal juga dengan sebutan ebook. Ada beberapa faktor hal yang mempengaruhi minat membaca di Indonesia diantaranya, aksebilitas buku di Indonesia masih sulit, masyarakat Indonesia tidak dididik untuk gemar membaca, harga buku di Indonesia tergolong mahal, dan masyarakat Indonesia lebih senang bermain gadget daripada membaca buku. Melihat fakta tersebut Telkom Indonesia berupaya memajukan Indonesia agar masyarakat gemar membaca buku. Salah satu upaya melalui program CSR Pustaka Digital melalui platform Libro. Sayangnya buku elektronik belum memiliki fitur yang mempermudah informasi yang dibutuhkan pembaca, akibatnya pembaca bingung untuk menemukan buku atau letak halaman yang memiliki informasi dibutuhkan oleh pembaca. Maka dari itu, tujuan penulis melakukan penelitian untuk membuat fitur mesin pencarian informasi pada aplikasi Libro dan menampilkan informasi yang dicari secara cepat, tepat, dan efisien dengan menggunakan algoritma Knuth Morris Pratt, sehingga pembaca dapat menemukan informasi pada konten buku dengan cepat, tepat, dan efisien dengan memasukan kata kunci pada tools pencarian.Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
CC BY-SA 4.0
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International
This license requires that reusers give credit to the creator. It allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, even for commercial purposes. If others remix, adapt, or build upon the material, they must license the modified material under identical terms.
BY: Credit must be given to you, the creator.
SA: Adaptations must be shared under the same terms.ng