ANALISIS SENTIMEN AKHIR MASA JABATAN PRESIDEN JOKOWI PADA MEDIA SOSIAL X MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES
DOI:
https://doi.org/10.36080/skanika.v8i1.3331Keywords:
analisis sentimen, complement naïve bayes, SMOTE, x/twitter, akhir masa jabatan jokowiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan sentimen terhadap Presiden Joko Widodo di Media Sosial X/Twitter pada masa akhir jabatannya. Metode yang digunakan adalah Complement Naïve Bayes (CNB) dengan penerapan SMOTE (Synthetic Minority Over-sampling Technique) untuk mengatasi masalah ketidakseimbangan data. Evaluasi dilakukan dengan dua variasi rasio data latih dan data uji, yaitu 90:10 dan 80:20. Pada rasio 90:10, model menunjukkan kinerja terbaik dengan mencapai 88% accuracy, precision, recall, dan f1-score. Namun, pada rasio 80:20, kinerja model mengalami penurunan dengan nilai 81% untuk semua metrik. Analisis sentimen menunjukkan bahwa sentimen negatif mendominasi, diikuti dengan sentimen netral dan positif, yang mencerminkan ketidakpuasan publik terhadap kebijakan-kebijakan tertentu pada periode akhir masa jabatan Presiden Jokowi.
Downloads
References
[2] I. Sumiarsa, et al., "Evaluasi Kepemimpinan Presiden Joko Widodo Menjelang Akhir Masa Jabatan," Ministrate: Jurnal Birokrasi & Pemerintah Daerah, vol. 4, no. 1, pp. 1–23, 2023.
[3] Y. S. Mahardika, and E. Zuliarso, "Analisis Sentimen Terhadap Pemerintahan Joko Widodo Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Naives Bayes Classifier," Prosiding SINTAK 2018, vol. 2, 2018, pp. 409–413.
[4] E. Martantoh, and N. Yanih, "Implementasi Metode Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Karakteristik Kepribadiaan Siswa Di Sekolah MTS Darussa’adah Menggunakan PHP Mysql," Jurnal Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 166–175, 2022.
[5] H. Prasetyo, and A. S. Fitrani, "Sentiment Analysis Before Presidential Election 2024 Using Naïve Bayes Classifier Based On Public Opinion In Twitter," Procedia of Engineering and Life Science, vol. 4, pp. 1–15, 2023,
[6] B. Wicaksono, and N. Cahyono, "Analisis Sentimen Komentar Instagram Pada Program Kampus Merdeka Dengan Algoritma Naive Bayes dan Decision Tree," JATI (Jurnal Mahasiswa Teknologi Informasi, vol. 8, no. 2, pp. 2372–2381, 2024.
[7] A. Z. Rizquina and C. I. Ratnasari, "Implementasi Web Scraping untuk Pengambilan Data Pada Website E-Commerce," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 377–383, 2023.
[8] H. Satria, "Cara Mendapatkan Data(Crawl) Twitter X-Maret 2024," helmisatria.com. Accessed: Oct. 20, 2024. [Online]. Available: https://helmisatria.com/blog/updated-crawl-data-twitter-x-maret-2024/
[9] E. Musk, "Temporary Limits on Data Scraping and Post Reading on X/Twitter," X(Twitter). Accessed: Oct. 20, 2024. [Online]. Available: https://x.com/elonmusk/status/1675187969420828672
[10] E. Y. Hidayat, R. W. Hardiansyah, and A. Affandy, "Analisis Sentimen Twitter untuk Menilai Opini Terhadap Perusahaan Publik Menggunakan Algoritma Deep Neural Network," Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 108–118, 2021.
[11] A. K. Sari, et al., “Analisis Sentimen Twitter Menggunakan Machine Learning untuk Identifikasi Konten Negatif,” Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 64–73, 2024.
[12] A. Q. Surbakti, R. Hayami, and J. A. Amien, “Analisa Tanggapan Terhadap Psbb Di Indonesia Dengan Algoritma Decision Tree Pada Twitter,” Jurnal Computer Science and Information Technology (CoSciTech), vol. 2, no. 2, pp. 91–97, 2021.
[13] M. N. Randhika, J. C. Young, A. Suryadibrata, and H. Mandala, "Implementasi Algoritma Complement dan Multinomial Naïve Bayes Classifier Pada Klasifikasi Kategori Berita Media Online," Ultimatics Jurnal Teknik Informatika, vol. 13, no. 1, pp. 19–25, 2021.
[14] R. Adinugroho, "Perbandingan Rasio Split Data Training dan Data Testing Menggunakan Metode Lstm Dalam Memprediksi Harga Indeks Saham Asia," 2022. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/67314%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/67314/1/RAHMADHAN ADINUGROHO-FST.pdf
[15] M. P. Pulungan, A. Purnomo, and A. Kurniasih, "Penerapan SMOTE untuk Mengatasi Imbalance Class dalam Klasifikasi Kepribadian MBTI Menggunakan Naive Bayes Classifier," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 10, no. 7, pp. 1493–1502, 2023.
[16] E. Sutoyo and M. A. Fadlurrahman, "Penerapan SMOTE untuk Mengatasi Imbalance Class dalam Klasifikasi Television Advertisement Performance Rating Menggunakan Artificial Neural Network," Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, vol. 6, no. 3, pp. 379-385, 2020.
[17] N. Khoirunnisaa, et al., "Klasifikasi Teks Ulasan Aplikasi Netflix Pada Google Play Store Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan SVM," SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, vol. 7, no. 1, pp. 64–73, 2024.
[18] F. Nurwanda, and J. R. Rizkiani, "Perbandingan Metode Naive Bayes Classifier dan Support Vector Machine pada Analisis Sentimen Twitter Topik Lifestyle," Jurnal Ilmu Wahana Pendidikan, vol. 9, no. 21, pp. 314–323, 2023.
[19] W. I. Sabilla and C. Bella Vista, "Implementasi SMOTE dan Under Sampling pada Imbalanced Dataset untuk Prediksi Kebangkrutan Perusahaan," Jurnal Komputer Terapan, vol. 7, no. 2, pp. 329–339, 2021.
[20] A. Naufal, W. Zain, and A. Tholib, "Klasifikasi Data Mining di Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Nurul Jadid,”" SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, vol. 7, pp. 204–213, 2024.
[21] D. Normawati, Prayogi Surya Allit, "Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter," Jurnal Sains Komputer dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 697–711, 2021.
[22] N. Arifin, U. Enri, and N. Sulistiyowati, "Penerapan Algoritma Support Vector Machine (SVM) dengan TF-IDF N-Gram Untuk Text Classification," STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), vol. 6, no. 2, pp. 129-136, 2021.
[23] E. Hokijuliandy, H. Napitupulu, and F. Firdaniza, "Analisis Sentimen Menggunakan Metode Klasifikasi Support Vector Machine (SVM) dan Seleksi Fitur Chi-Square," SisInfo: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika,” vol. 5, no. 2, pp. 40–49, 2023.