ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SERVIS DAN JUAL BELI SUKU CADANG MOBIL GUNA MENINGKATKAN EFISIENSI PADA BENGKEL AUTOSOLUSINDO

  • Hanifatus sholihah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem informasi, Servis dan Jual Beli, Bengkel Autosolusindo

Abstract

Teknologi informasi kini berkembang pesat sejalan dengan besarnya kebutuhan manusia terhadap informasi. Teknologi informasi saat ini sangat dibutuhkan dalam dunia usaha, dikarenakan membantu dalam menyelesaikan setiap pekerjaannya. Salah satunya adalah Bengkel Autosolusindo yagn merupakan usaha yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan otomotif spesialis Nissan dan Datsun. Saat ini dalam pengolahan data pelayanan servis di Bengkel Autosolusindo masih menggunakan sistem manual dengan alat bantu Microsoft Excel. Dalam implementasinya, apabila hanya aplikasi ini yang digunakan maka kurang bisa menunjang kecepatan dan kemudahan pekerjaan. Terlalu banyak data yang dibuat menyebabkan sulitnya proses dokumentasi. Hal ini dapat berimplikasi pada pelayan terhadap pelanggan, karena sering sekali mendapatkan hambatan dalam proses penanganan servis dan pembuatan laporan. Seiring dengan teknologi dan sistem informasi yang terus berkembang tersebut itulah, maka pelaku usaha mau tidak mau harus mengikuti perkembangan yang ada. Penulis menggunakan metodologi berorientasi obyek untuk menganalisa sistem berjalan dan merancang sistem usulan, implementasi sistem usulan sendiri menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic Net 2008 dengan database MySQL. Hasil akhir yang akan dicapai adalah produk Sistem Informasi Servis dan Jual Beli Suku Cadang Mobil Berbasis Desktop pada Bengkel Autosolusindo yang diharapkan dapat membuat sistem informasi di Bengkel ini menjadi lebih terstruktur serta melancarkan kegiatan perusahaan, dan meningkatkan kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02
How to Cite
[1]
H. sholihah and A. Hamdani, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SERVIS DAN JUAL BELI SUKU CADANG MOBIL GUNA MENINGKATKAN EFISIENSI PADA BENGKEL AUTOSOLUSINDO”, IDEALIS, vol. 1, no. 3, pp. 80-88, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>