ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN PADA PS ENTERPRISE GAMESHOP DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK

  • Wijaya Nata Dilaga Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi Penjualan, Pembelian, Metodologi Berorientasi Obyek

Abstract

PS Enterprise Gameshop adalah suatu bidang usaha yang bergerak dibidang perusahaan yang menyediakan barang-barang seperti Video Games, Console, Hendheld, dan accessoris. Permasalah yang dihadapi oleh perusahaan tersebut antara lain pemilik tidak mengetahui barang apa saja yang dibeli pelanggan, sulitnya mengetahui data pembelian yang rusak atau hilang, tidak ada informasi tentang retur pembelian ke Supplier karena tidak ada laporan retur, tidak ada pencatatan untuk data pemesanan barang, Tidak ada informasi mengenai data barang sehingga staf toko kesulitan untuk mengetahui barang yang tersedia untuk dijual, Pemilik tidak mengetahui jumlah pembayaran yang telah dilakukan oleh pelanggan karena tidak adanya laporan pembayaran. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu sistem terkomputerisasi sehingga dapat memberikan informasi yang tepat, cepat dan akurat yang digunakan dalam pengambilan keputusan yang menunjang jalannya aktivitas transaksi dan pembuatan laporan. Pada penulisan penelitian ini, metodologi untuk menganalisa dan merancang sistem usulan adalah dengan metode penelitian yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, analisa dokumen, dan studi pustaka, selanjutnya mengimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.NET 2008 dan menggunakan database MySQL

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-05
How to Cite
[1]
W. Dilaga and L. Li Hin, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN PADA PS ENTERPRISE GAMESHOP DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK”, IDEALIS, vol. 1, no. 5, pp. 192-198, Nov. 2018.