IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BELAJAR MENGENAL HEWAN SEBAGAI MEDIA EDUKASI PADA TK BUDI MULIA TANGERANG

  • Syahdan Achmad Pasya Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • ari saputro Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Animasi, Multimedia, Multimedia Interaktif, Desain

Abstract

Dengan seiringnya kemajuan teknologi informasi semakin berkembang pesat dalam segala aspek kehidupan. Banyak metode proses pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya media interaktif didukung karena pembelajaran sebelumnya masih menggunakan media manual berupa buku. Dan belum ada yang membuat multimedia animasi interaktif sebagai media pembelajaran pada TK Budi Mulia. Pembelajaran dalam bentuk media interaktif dapat dipakai sebagai wadah oleh siswa/siswi untuk bermain sambil belajar. Bedasarkan penelitian pada TK Budi Mulia, dapat ditemukan mempunyai kekurangan didalam penerapan pembelajaran berbasis teknologi. Dengan digunakannya metode pembelajaran interaktif, diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran lebih menarik perhatian siswa/siswi. Oleh karna itu penulis tertarik untuk menangani beberapa masalah tersebut, metode yang digunakan pembuat adalah observasi dan pendekatan terhadap pihak TK Budi Mulia. Media yang digunakan ialah campuran dari berbagai media, seperti tulisan, gambar, animasi interaktif serta suara yang digabung menggunakan Adobe Flash CC sehingga menghasilkan suatu program yang disebut multimedia interaktif. Hasil dari pembuat laporan ini berupa animasi interaktif yang bertema tentang pengenalan binatang dan pembelajaran mengenal hewan melalui suaranya dalam bentuk format swf. Serta penulis membuat stationary berupa amplop, kop surat, dan merchandise berupa mug (Gelas).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-05
How to Cite
[1]
S. Pasya and ari saputro, “IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BELAJAR MENGENAL HEWAN SEBAGAI MEDIA EDUKASI PADA TK BUDI MULIA TANGERANG”, IDEALIS, vol. 1, no. 5, pp. 416-421, Nov. 2018.