RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BERBASIS OBJEK UNTUK PENANGANAN PENJUALAN SUKU CADANG DAN LAYANAN PERBAIKAN SEPEDA MOTOR

  • Yanuar Riano Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • goenawan brotosaputro Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Objek, penjualansuku cadang, perbaikan

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi yang sudah berkembang diperlukan keakuratan untuk mendapatkan informasi, sehingga dengan mudah untuk pengambilan keputusan. Informasi yang dibutuhkan agar bermanfaat bagi yang memerlukan informasi, sehingga kapan pun dan dimana pun informasi dibutuhkan dapat disajikan dengan cepat dan akurat. Yudi Motor Speed adalah sebuah bidang usaha yang bergerak dalam penjualan suku cadang dan perbaikansepeda motor. Saat ini kondisi yang dialami pada Yudi Motor Speed adalah pengolahan data yang belum terstruktur dengan baik sehingga mengalami banyak kekuranganseperti sering terjadi kesalahan saat mencari dokumen karena penyimpanan yang tidak tepat dan rapi yang mengakibatkan terjadinya penumpukan dokumen, mudah hilang dan rusak serta layanan perbaikan sepeda motor yang sering terjadi kesalahan, sehingga pelanggan merasa tidak puas karena motor cacat saat diinapkan dan dokumen berfungsi ganda yang sangat menyulitkan pembuatan laporan. Berdasarkan permasalahan tersebut, dirancang sebuah sistem informasi penjualansuku cadang dan perbaikan sepeda motor dengan metodologi berbasis objek yang selanjutnya diimplementasikan dengan membangun sistem menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic dengan basis data relasional yang diolah menggunakan MySQL. Hasil rancangan dan implementasi mendapatkan bahwa kesalahan dan kehilangan data dapat diminimalkan serta transaksi dan laporan dapat ditangani dan dihasilkan lebih cepat sehingga pelanggan mendapatkan layanan yang memuaskan dan mendapatkan kejelasan atas motornya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-04
How to Cite
[1]
Y. Riano and goenawan brotosaputro, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BERBASIS OBJEK UNTUK PENANGANAN PENJUALAN SUKU CADANG DAN LAYANAN PERBAIKAN SEPEDA MOTOR”, IDEALIS, vol. 2, no. 2, pp. 14-21, Mar. 2019.
Section
Table of Content