PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP (E-CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN CATERING HANDAYANI

  • Debbie Mistikaweni Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Electronic Customer Relationship Management, Catering, meningkatkan loyalitas dan pelayanan

Abstract

Catering Handayani Mandiri merupakan salah satu perusahaan catering yang bergerak di bidang jasa khususnya pesan menu makanan, yang berusaha memberikan pelayanan terbaik tanpa mengurangi kualitas, mutu dan kenyamanan pelanggannya. Perusahaan menggunakan banyak strategi untuk mendapatkan pelanggan baru mereka, salah satunya menggunakan Electronic Customer Relationship. Pelanggan merupakan aset terpenting bagi kemajuan suatu perusahaan. Permasalahan yang dihadapi pada Catering Handayani Mandiri adalah perusahaan sulit mengidentifikasi pelanggan yang sering bertransaksi, Perusahaan sulit mendapatkan pelanggan baru karena kurangnya media promosi yang belum mendukung, dan belum tersedianya sarana untuk menampung keluhan dan testimoni pelanggan. Hal ini dapat dicapai dengan memanfaatkan Teknologi dengan model Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) untuk melayani dan mencapai keinginan pelanggan yang menjadikan nilai tambah bagi perusahaan. Peneliti menggunakan metode pengembangan prototype serta bahasa pemrograman PHP dan database MySql. Dengan adanya sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) pada Catering Handayani Mandiri, dapat membantu perusahaan dalam mengelola data pelanggan yang sering bertransaksi. Sistem E-CRM ini juga menghasilkan fitur promo sebagai media promosi untuk mendapatkan pelanggan baru, dan adanya sarana untuk menampung keluhan dan testimoni pelanggan sehingga mudah bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi kerja dan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-04
How to Cite
[1]
D. Mistikaweni and L. Li Hin, “PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP (E-CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DAN PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN CATERING HANDAYANI”, IDEALIS, vol. 2, no. 2, pp. 72-77, Mar. 2019.
Section
Table of Content