PENERAPAN METODE ANALYTHIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SMP YMIK UNTUK PENENTUAN GURU TERBAIK STUDI KASUS : SMP YMIK JAKARTA

  • Novita Sari Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • humisar hasugian Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan, Penentuan Guru Terbaik, Analythic Hierarchy Process (AHP)

Abstract

SMP YMIK merupakan salah satu sekolah swasta yang terletak di daerah Jakarta barat yang memanfaatkan teknologi informasi, baik saat kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan administrasi lainnya. Salah satunya adalah pada saat penentuan guru terbaik. Saat ini penentuan guru terbaik di SMP YMIK hanya menggunakan satu kriteria yaitu berdasarkan nilai supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah. Hal ini menyebabkan sulitnya kepala sekolah dalam penentuan guru terbaik dan penilaian bersifat subjektif. Berdasarkan hal diatas penulis merancang sebuah sistem yang dapat menghasilkan solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi pada saat pengambilan keputusan guru terbaik di SMP YMIK. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi Sistem Penunjang Keputusan agar mampu memberikan alternatif solusi dalam pengambilan keputusan. Metode yang digunakan Analythic Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW). Dengan perankingan hasil dari perhitungan bobot tiap kriteria yang telah ditentukan sebelumnya, Sistem Penunjang Keputusan untuk penentuan guru terbaik dapat memberikan solusi untuk membantu kepala sekolah dalam menentukan guru terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-04
How to Cite
[1]
N. Sari and humisar hasugian, “PENERAPAN METODE ANALYTHIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SMP YMIK UNTUK PENENTUAN GURU TERBAIK STUDI KASUS : SMP YMIK JAKARTA”, IDEALIS, vol. 2, no. 2, pp. 173-181, Mar. 2019.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)