PERANCANGAN MODEL SPK DALAM PENILAIAN GURU TERBAIK MENGGUNAKAN METODE FUZZY DAN SAW STUDI KASUS : SDIT YASIR CIPONDOH

  • Riadhotun Nurul Aini Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • agus umar hamdani Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Penunjang Keputusan (SPK), Penilaian Guru, Fuzzy Multiple Attribute Decision Making

Abstract

SDIT Yasir merupakan sekolah dasar swasta yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Ibnu Rusydi, Saat ini, proses penilaian guru di SDIT Yasir masih menggunakan excel dan belum terkomputerisasi dengan baik, sehingga menyebabkan ketersediaan informasi tentang terpilihnya guru terbaik menjadi kurang optimal. Maka dari itu, penulis merancang sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang diharapkan dapat memberi solusi atas permasalahan diatas. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Kepala Sekolah dalam mengambil keputusan, yakni mampu menampilkan solusi alternatif yang sesuai berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Menggunakan 2 metode, yaitu Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM yang bertujuan untuk menyederhanakan nilai dari setiap kriteria, dan metode Simple Additive Weighting (SAW) dimana mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Visual Basic 2008 dengan database MySQL. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah model SPK yang dapat membantu pihak Kepala Sekolah dalam penilaian guru terbaik. Kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan dengan menyeleksi alternative terbaik. Dengan perangkingan ini, proses penilaian menjadi lebih tepat karena berdasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang sudah ditetukan sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-04
How to Cite
[1]
R. Aini and agus hamdani, “PERANCANGAN MODEL SPK DALAM PENILAIAN GURU TERBAIK MENGGUNAKAN METODE FUZZY DAN SAW STUDI KASUS : SDIT YASIR CIPONDOH”, IDEALIS, vol. 2, no. 2, pp. 182-189, Mar. 2019.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)