PENERAPAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH PENJUALAN BULANAN PADA RANCH MARKET PESANGGRAHAN
Abstract
Ranch Market yang berdiri pada tahun 1998 dibawah kepemilikan PT. Boga Lestari ini telah menjadi salah satu yang terbaik dalam bidang kesehatan dan gaya hidup konsumen. Ranch Market perlu menjaga agar produk-produknya tetap terjaga dan berkualitas. Namun demikian, ternyata masih banyak ditemui barang di gudang yang telah lewat masa kadaluarsanya. Ada pula dijumpai stok barang yang kosong. Beberapa permasalahan tersebut dapat diminimalisir dengan meramalkan penjualan barang periode selanjutnya dengan menganalisis data penjualan periode-periode sebelumnya. Untuk itu dilakukan peramalan jumlah penjualan dengan metode Single Exponential Smoothing terhadap data penjualan mulai dari bulan Januari 2016 hingga November 2017. Uji akurasi dilakukan dengan membandingkan tingkat kesalahan (error) peramalan meliputi nilai MAD (Mean Absolute Deviation), MAPE (Mean Absolute Percentage Error) dan MSE (Mean Square Error). Metode peramalan yang memberikan nilai error terkecil merupakan metode peramalan yang paling baik. Penelitian dibagi menjadi dua tahap, yaitu pembuatan model dengan menggunakan data penjualan dari bulan Januari 2016 hingga Desember 2016 untuk mendapatkan nilai konstanta penghalusan yang paling baik dan pengujian model dengan menggunakan data penjualan dari bulan Januari 2017 hingga November 2017. Hasil pengujian dari penelitian menunjukkan bahwa perlu adanya perbandingan antara metode Single Exponential Smoothing dengan metode lainnya mengingat nilai error yang dihasilkan masih cukup tinggi