SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA PT. BERCA SCHINDLER LIFTS

  • ria agustin Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • hendri irawan Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Supplier Terbaik, Metode SAW, Sistem Penunjang Keputusan

Abstract

PT. Berca Schindler Lifts adalah distributor dan layanan resmi penyedia Elevator dan Escalator Schindler di Indonesia, yang membutuhkan penilaian tentang supplier terbaik. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian untuk merancang suatu Sistem Penunjang Keputusan (SPK) yang dapat membantu pihak perusahaan dalam melakukan pemilihan Supplier yang tepat. Metode yang digunakan adalah Simple Additive Weighting (SAW). Supplier dengan nilai kriteria tertinggi akan menjadi pemilihan supplier terbaik oleh perusahaan. Pemilihan kriteria yang akan mempengaruhi yaitu dari segi harga, ketepatan pengiriman, kualitas barang dan layanan service. Penelitian ini akan menjadi suatu kasus yaitu dengan mencari alternatif berdasarkan dengan kriteriakriteria yang sudah ditentukan oleh perusahaan, untuk mencari suatu bobot dalam setiap attribut. Kemudian dilakukan suatu proses perankingan yang akan menentukan alternatif yaitu supplier terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-04
How to Cite
[1]
ria agustin and hendri irawan, “SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA PT. BERCA SCHINDLER LIFTS”, IDEALIS, vol. 2, no. 2, pp. 214-221, Mar. 2019.
Section
Table of Content