SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB DENGAN MODEL SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) GUNA MENGATASI TARGET PRODUKSI YANG TIDAK TERCAPAI PADA PT. JAYAKURNIAWAN MAKMUR SENTOSA

  • Ahmad Faisal Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Bullion Dragon Andah Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: supply chain management, rantai pasokan, metodologi berorientasi obyek, SCM

Abstract

Perkembangan antara perusaahan industri saat ini semakin ketat dan bersaing. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, maka mengharuskan perusahaan pelaku bisnis menerapkan dan menjalankan strategi bisnis yang akan dilaksanakan supaya menjadi yang terdepan dalam persaingan bisnis tersebut. Bukan hanya dari hasil produksi yang dihasilkan tetapi juga cara penerapan hasil produksi sampai ke konsumen dapat diterima dengan baik,cepat dan puas dengan produk yang dibeli. Hal tersebut tidak bisa lepas dari proses operasional dari perusahaan yang bisa mengelola data dari supplier sampai dengan konsumen akhir. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini untuk menganalisa dan merancang sebuah sistem informasi yang terintegrasi dengan menggunakan teknologi berbasis web. Supply Chain Management (SCM) sebagai suatu pendekatan terpadu yang meliputi seluruh proses manajemen material, memberikan orientasi kepada proses untuk menyediakan, memproduksi, dan mendistribusikan produk kepada konsumen. Konsep pertukaran informasi dalam rantai pasokan ini dapat dikembangkan menjadi electronic Supply Chain Management (e-SCM). Dan diharapkan dari perancangan sistem e-SCM ini dapat membantu perusahaan khususnya Production Planning Inventory Control (PPIC) dalam membuat merencanakan proses produksinya menjadi tepat waktu.Dan hasil sistem informasi yang di rancang tersebut dapat mengatasi target produksi yang tidak tercapai. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-04
How to Cite
[1]
A. Faisal and B. Andah, “SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB DENGAN MODEL SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) GUNA MENGATASI TARGET PRODUKSI YANG TIDAK TERCAPAI PADA PT. JAYAKURNIAWAN MAKMUR SENTOSA”, IDEALIS, vol. 2, no. 2, pp. 222-229, Mar. 2019.
Section
Table of Content