ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI POIN PELANGGARAN PADA SMK MUHAMMADIYAH 9 JAKARTA BERBASIS OBJECT ORIENTED

  • Muhammad Imam Rozali Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hestya Patrie Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Analisa dan perancangan sistem informasi poin pelanggaran, berbasis object oriented

Abstract

Dalam penulisan penelitian ini, penulis melakukan penelitian tentang bagaimana proses poin pelanggaran siswa pada SMK Muhammadiyah 9 Jakarta. Permasalahan yang di temukan dalam penelitian ini adalah tidak adanya bukti berupa keluaran atau masukan cetakan pelanggaran siswa yang di berikan kepada guru bimbingan & konseling dan kepada siswa apabila siswa melakukan pelanggaran peraturan tata tertib sekolah. Belum adanya laporan surat pemanggilan orang tua, laporan surat perjanjian, laporan surat pengunduran diri. Maka dari sebap masalah tersebut, penulis merasa tertarik untuk mengangkat permasalahan tersebut sebagai penelitian. Pada penulisan penelitian ini, metode penelitian yang digunakan penulis yaitu studi pustaka, wawancara dan dokumentasi arsip kepada pihak lembaga yang bersangkutan. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis mencoba mengusulkan dengan merancang sebuah sistem informasi poin pelanggaran menggunakan Visual Studio 2008 dan menggunakan database MySQL. Pada pemodelan sistem, penulis menggunakan metode perancangan object oriented disertai dengan alat bantu visualisasi perancangan basis data diagram yaitu Unified Modeling Language penulis menggunakan metode ERD (Entity Relationship Diagram). Dengan dibuatkannya sistem yang lebih terkomputerisasi ini dapat membantu Layanan Bimbingan & Konseling pada SMK Muhammadiyah 9 Jakarta khususnya dalam melakukan proses transaksi poin pelanggaran dan pembuatan laporan yang lebih akurat, cepat dan relevan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03
How to Cite
[1]
M. Rozali and H. Patrie, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI POIN PELANGGARAN PADA SMK MUHAMMADIYAH 9 JAKARTA BERBASIS OBJECT ORIENTED”, IDEALIS, vol. 1, no. 4, pp. 68-73, Sep. 2018.