ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN PRODUK BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS : PT. MURNI SOLUSINDO NUSANTARA

  • Tubagus Lukman Nul Hakim Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Dian Anubhakti Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi, Pembelian Produk, Analisa dan Perancangan Pembelian Produk, Metodologi Berbasis Objek

Abstract

PT. Murni Solusindo Nusantara yang saat ini memerlukan system yang dapat membantu sistem Penjualan Barang. Saat ini aktivitas pekerjaannya masih menggunakan sistem yang sangat sederhana dan belum menggunakan fasilitas pengolahan data yang baik, maka menimbulkan masalah antara lain, tidak tersedianya data untuk menyimpan informasi pelanggan yang mengakibatkan kesulitan dalam mengetahui data-data pelanggan, penomoran pada data purchase order tidak tersedia sehingga pencarian data terhambat, penyimpanan dokumen terbatas sehingga banyak data yang hilang dan pembuatan laporan penjualan terhambat, tidak adanya laporan rekapitulasi, permintaan barang, pembayaran dan tagihan sehingga tidak mengetahui laporan-laporan secara lengkap, pencatatan data barang tidak teliti sehingga dokumen tidak terstruktur dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis menggunakan fishbone diagram untuk mengidentifikasi penyelesaikan masalah dan pendekatan berorientasi objek untuk menganalisa sistem. Metode pengembangan sistem pada penilitian ini menggunakan pemodelan yaitu UML (Unified Modeling Language), sedangkan bahasa pemrograman menggunakan Microsoft Visual Basic.Net 2008, dan database MySql. Dengan adanya sistem usulan ini, diharapkan pengolahan data yang ada pada PT. Murni Solusindo Nusantara menjadi lebih tersruktur dan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03
How to Cite
[1]
T. Hakim and D. Anubhakti, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN PRODUK BERORIENTASI OBYEK STUDI KASUS : PT. MURNI SOLUSINDO NUSANTARA”, IDEALIS, vol. 1, no. 4, pp. 121-129, Sep. 2018.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>