MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PENILAIAN PADA SMK KARTIKA X-2 GUNA MENINGKATKAN LAYANAN AKADEMIK

  • Ria Maharani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lusi Fajarita Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: membangun sistem informasi penilaian, Penilaian akademik siswa, SMK Kartika X-2

Abstract

SMK Kartika X-2 Jakarta adalah sebuah instansi yang bergerak dalam bidang pelayanan pendidikan. Dalam penulisan penelitian ini, penulis melakukan penelitian tentang bagaimana proses penilaian pada SMK Kartika X-2 Jakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Proses pengisian rapor masih manual, sehingga kemungkinan terjadi kesalahan dalam mengisi nilai siswa. Tidak adanya laporan mengenai nilai ekstrakulikuler, karena laporan hanya berupa daftar hadir ekstrakulikuler, dan penilaian berdasarkan kerajinan kehadiran. Tidak adanya laporan mengenai nilai kepribadian siswa, sehingga sulit mengetahui kepribadian siswa Proses absensi siswa masih manual, sehingga kemungkinan terjadi kesalahan dalam rekap absen. Dalam hal penyimpanan berkas-berkas data masih kurang baik, hal itu terjadi karena terdapat penumpukkan data di ruang arsip data sehingga sewaktu-waktu terjadi kesulitan ketika hendak melakukan pencarian. Untuk itu mesti diperlukan sebuah sistem yang terkomputerisasi sehingga bisa menyelesaikan masalah. Atas dasar masalah diatas penelitian ini menggunakan proses observasi atau pengamatan, wawancara atau tanya jawab dan studi pustaka. Untuk rancangan basis data diperluka ERD (Entity Relationship Diagram). Melalui penulisan ini, diharapkan dapat mencapai tujuan sehingga sekolah dalam proses penilaian bisa berjalan dengan efektif di SMK Kartika X-2 Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-05
How to Cite
[1]
R. Maharani and L. Fajarita, “MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PENILAIAN PADA SMK KARTIKA X-2 GUNA MENINGKATKAN LAYANAN AKADEMIK”, IDEALIS, vol. 1, no. 1, pp. 120-125, Mar. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>