RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KOPERASI SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI SMK ISLAM AL-HIKMAH JAKARTA BERBASIS OBJECT ORIENTED

  • Mochamad Jehan Pahlevi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi, Koperasi Simpan Pinjam, Analisa

Abstract

Keberadaan koperasi simpan pinjam di sekolah bisa menjadi sarana para anggotanya yang terdiri dari guru untuk menyisihkan gaji yang didapat demi mempunyai tabungan masa tua. Oleh karena itu, keberadaanya bisa menjadi sangat berguna dan membantu.  Namun permasalahannya adalah beberapa koperasi masih terlalu kompleks jika ditangani tanpa bantuan sistem terkomputerisasi, salah satunya adalah Koperasi SMK Islam Al-Hikmah Jakarta dimana pencatatan tidak tersimpan dengan baik sehingga memerlukan waktu lama, kesulitan dalam pendataan transaksi yang terjadi pada koperasi ini yang menyebabkan pencatatan tidak tersimpan dengan baik. Karena pengolahan data pada Koperasi SMK Islam Al-Hikmah Jakarta saat ini masih belum terkomputerisasi, sehingga kesulitan dalam pengolahan data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh Kepala Koperasi. Maka dari itu, sebuah sistem yang terkomputerisasi tentunya dibutuhkan demi meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan sehari-harinya.. Pada penelitian ini, penulis melakukan riset untuk membangun sistem informasi koperasi simpan pinjam ini dengan menggunakan metode interview dan analisa data. Penulis berharap dengan adanya rancangan sistem informasi koperasi simpan pinjam ini dapat membantu Koperasi SMK Islam Al-Hikmah Jakarta dalam mengatasi masalah – masalah yang sering terjadi, sehingga sistem yang dihasilkan dapat memberikan pelayanan yang baik kepada anggota dan petugas koperasi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-05
How to Cite
[1]
M. Pahlevi and I. Novita, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KOPERASI SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI SMK ISLAM AL-HIKMAH JAKARTA BERBASIS OBJECT ORIENTED”, IDEALIS, vol. 1, no. 1, pp. 156-164, Mar. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)