PEMODELAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE MOTOR DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBJEK STUDI KASUS: TRIA MOTOR
Abstract
Perkembangan Teknologi dan Informasi yang maju dan pesat ini, sangat diperlukan kecepatan dan keakuratan dalam mendapatkan informasi, sehingga mempermudah dalam pengambilan keputusan. Informasi yang dibutuhkan harus berguna bagi yang memerlukan, sehingga kapan pun informasi tersebut dibutuhkan dapat disajikan dengan cepat. Tria Motor adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan sparepart dan service motor. Saat ini Tria Motor sangat membutuhkan keberadaan sistem informasi yang akurat, handal dan cukup memadai untuk membantu sistem penjualan sparepart dan service motor. Dikarenakan pengolahan data yang belum terstruktur dengan baik sehingga mempunyai banyak kelemahan seperti sering terjadi kesalahan seperti sulit mencari dokumen karena penyimpanan yang tidak tepat sehingga terjadi penumpukan dokumen atau mudah hilang dan rusak, layanan service sering terjadi kesalahan, pelanggan komplain motor cacat ketika diinapkan dan dokumen berfungsi ganda yang menyulitkan pembuatan laporan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka Tria Motor memerlukan suatu sistem informasi penjualan sparepart dan service motor yang baik untuk mendukung proses pengolahan data sehingga dapat menyajikan data dan informasi yang efektif dan efisien. Penulis menggunakan metodologi berorientasi obyek untuk menganalisa & membuat rancangan sistem usulan, bahasa pemrograman menggunakan Microsoft Visual Basic .Net 2008, dan database menggunakan MySQL. Dengan adanya sistem usulan ini, diharapkan pengolahan data yang ada pada Tria Motor bisa tersimpan rapi dan terstruktur dengan baik.