PEMODELAN SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK GUNA MEMPERMUDAH PROSES SIMPAN PINJAM STUDI KASUS : KOPERASI SERBA USAHA MENTENG ATAS

  • Dimas Bagus Rahmattulah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Ita Novita Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi, Simpan Pinjam, Koperasi Serba Usaha Menteng Atas

Abstract

Koperasi diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang per ekonomian. Simpan pinjam adalah kegiatan yang dilakukan untuk perputaran dana dan berintegrasi melalui kegiatan usaha simpan pinjam dari anggota dan untuk anggota koperasi. Untuk proses simpan pinjam pada Koperasi Serba Usaha Menteng Atas masih terhambatnya proses perhitungan dalam aspek SHU, sehingga terhambatnya proses dalam pembagian SHU kepada anggota, maka Koperasi Serba Usaha Menteng Atas perlu sebuah sistem informasi yang telah terkomputerisasi sehingga dapat membantu bendahara dan ketua koperasi untuk proses simpan pinjam maupun pembuatan laporan, pencarian data dapat dilakukan dengan cepat, serta memudahkan dalam mengetahui perputaran dana kas koperasi. Metodologi berorientasi objek adalah metode yang digunakan pada perancangan ini untuk menganalisa dan membuat desain sistem usulan serta diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic.NET 2008 dan menggunakan database MySQL. Penulis berharap dengan adanya rancangan sistem informasi simpan pinjam, dapat membantu mempermudah proses simpan pinjam pada Koperasi Serba Usaha Menteng Atas dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi, sehingga tercapainya layanan yang optimal untuk anggota.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03
How to Cite
[1]
D. Rahmattulah and I. Novita, “PEMODELAN SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK GUNA MEMPERMUDAH PROSES SIMPAN PINJAM STUDI KASUS : KOPERASI SERBA USAHA MENTENG ATAS”, IDEALIS, vol. 1, no. 4, pp. 262-268, Sep. 2018.

Most read articles by the same author(s)