PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF KOMIK ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA EDUKASI PADA SDN GANDARIA UTARA 08 PAGI, JAKARTA SELATAN

  • Maranatha Kristian Sung Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Ricky Widyananda Putra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Pembelajaran, Interaktif, Komik, Desain, Implementasi

Abstract

Banyak metode dalam proses pembelajaran, salah satu nya yaitu dengan menggunakan metode media Interaktif. Pembuatan media Interaktif ini didukung karena pembelajaran sebelumnya masih menggunakan metode manual berupa buku. dan belum ada yang membuat animasi Interaktif sebagai media pembelajaran pada SDN Gandaria Utara 08 pagi. Pembelajaran Interaktif juga dapat digunakan sebagai wadah bagi siswa/siswi untuk bermain dan belajar. Berdasarkan penelitian pada SDN Gandaria Utara 08 pagi, dapat ditemukan beberapa kekurangan dalam pembelajaran berbasis teknologi. Dengan menggunakan metode pembelajaran Interaktif ini, diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Oleh Karena itu, penulis tertarik untuk menangani beberapa masalah tersebut, metode yang digunakan penulis ialah observasi dan pendekatan terhadap pihak SDN Gandaria Utara 08 pagi. Media yang digunakan merupakan gabungan dari berbagai media, seperti tulisan, gambar, animasi Interaktif serta suara yang dikemas dengan Adobe InDesign sehingga menghasilkan suatu program yang disebut multimedia pembelajaran Interaktif. Hasil dari penulisan laporan ini berupa animasi Interaktif yang bertema tentang pembelajaran sekolah mengenai binatang & moral yang dikemas dalam bentuk format swf. Serta penulis membuat stationary berupa amplop surat, kop surat, dan merchandise berupa mug (gelas).

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03
How to Cite
[1]
M. Sung and R. Putra, “PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF KOMIK ELEKTRONIK SEBAGAI MEDIA EDUKASI PADA SDN GANDARIA UTARA 08 PAGI, JAKARTA SELATAN”, IDEALIS, vol. 1, no. 4, pp. 397-403, Sep. 2018.