PENGARUH ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. WIRASWASTA GEMILANG INDONESIA

  • Meidiana Almira Putri Aji Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Bullion Dragon Andah Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: e-CRM, komplain, penawaran, meningkatkan penjualan

Abstract

PT. Wiraswasta Gemilang Indonesia adalah perusahaan sektor industri yang memproduksi pelumas dalam negeri dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. PT. Wiraswasta Gemilang Indonesia resmi beroperasi 4 Maret 1996, meluncurkan produk pelumas nomor satu di Amerika, Pennzoil. Pennzoil kemudian dikenal sebagai produk pertama PT Wiraswasta Gemilang Indonesia. Setahun kemudian, produk Evalube diperkenalkan kepada konsumen. Segera saja Evalube disambut dengan baik. Namun seiring berjalannya waktu mulai terlihat berbagai masalah yang muncul pada PT. Wiraswasta Gemilang Indonesia yang menyebabkan penurunan penjualan pada PT. Wiraswasta Gemilang Indonesia. Hal ini disebabkan oleh customer yang kecewa karena penanganan komplain yang masih belum optimal karena kurangnya informasi untuk customer. Hal lainnya adalah keterlambatan penawaran dan kurangnya informasi produk untuk customer membuat customer berpindah ke pesaing lain. Maka untuk menangani masalah-masalah yang timbul pada PT. Wiraswasta Gemilang Indonesia penulis mengusulkan penerapan model E-CRM (Electronic Customer Relationship Management) yang akan mempertahankan customer yang ada dan akhirnya akan meningkatkan kembali penjualan pada PT. Wiraswasta Gemilang Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02
How to Cite
[1]
M. Aji and B. Andah, “PENGARUH ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. WIRASWASTA GEMILANG INDONESIA”, IDEALIS, vol. 1, no. 3, pp. 322-327, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)