ANALISA PERANCANGAN DATA WAREHOUSE DAN APLIKASI ONLINE ANALYTICAL PROCESSING PENGAJUAN KREDIT PADA PT BFI FINANCE INDONESIA TBK

  • Soma Muhammad Nur Huda Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Joko Sutrisno Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: data warehouse, kredit, OLAP, BFI

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisa dan perancangan data warehouse pengajuan kredit pada PT BFI Finance Indonesia Tbk yang bertujuan untuk menganalisa sistem yang sedang berjalan untuk mendapatkan permasalahan yang sedang dihadapi oleh perusahaan serta merancang data warehouse sesuai dengan kebutuhan informasi pihak eksekutif PT BFI Finance Indonesia Tbk. Dalam beberapa tahun terakhir, kinerja divisi collecting perusahaan kurang maksimal sehingga pendapatan perusahaan menurun dan tidak mencapai ketentuan target perusahaan. Hal ini sangat mempengaruhi keseimbangan finansial perusahaan. Tidak lancarnya pembayaran kredit pelanggan juga merupakan salah satu faktor permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan. Dengan dibangunnya perancangan data warehouse ini, dapat mempermudah perusahaan untuk mendapatkan alternatif pemecahan masalah serta memperoleh informasi yang dibutuhkan oleh pihak eksekutif perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisa perancangan data warehouse, sedangkan model yang digunakan adalah star scheme karena model ini sangat mendukung dalam membuat suatu rancangan data warehouse. Hasil yang yang didapat yakni berupa rancangan dan aplikasi data warehouse yang berisi informasi tentang laporan achievement, run-off, dan outstanding principal. Kesimpulan yang diperoleh dari analisa ini adalah keberadaan data warehouse dapat menghasilkan informasi dengan cepat dan akurat sehingga perusahaan dapat memantau target pencapaian setiap cabang dan pembayaran kredit pelanggan setiap bulannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02
How to Cite
[1]
S. Huda and J. Sutrisno, “ANALISA PERANCANGAN DATA WAREHOUSE DAN APLIKASI ONLINE ANALYTICAL PROCESSING PENGAJUAN KREDIT PADA PT BFI FINANCE INDONESIA TBK”, IDEALIS, vol. 1, no. 3, pp. 354-359, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>