UPAYA PENINGKATAN KUANTITAS SERVIS MOBIL PADA DILER DI PT. SEJAHTERA BUANA TRADA MENGGUNAKAN ELECTRONIC-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM)

  • Muflih Rabbani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Wendi Usino Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: electronic customer relationship management, e-CRM, suku cadang, servis

Abstract

PT. Sejahtera Buana Trada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif yang memberikan pelayanan berupa penjualan mobil, jasa servis dan pergantian suku cadang mobil Suzuki. Perusahaan mengalami penurunan kuantitas pelayanan kendaraan pelanggan yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti pelanggan merasa tidak diperhatikan secara personal yang disebabkan oleh penyebaran informasi promo tidak merata atau maksimal dan tidak adanya pengingat servis secara berkala, tidak adanya kejelasan durasi waktu selesai yang menyebabkan pelanggan tidak puas, pelanggan juga tidak dapat memberikan penilaian ke teknisi terhadap hasil servis yang dapat digunakan perusahaan sebagai pengukuran kinerja teknisi dan tidak adanya informasi perkembangan pengajuan komplain kepada pelanggan. Berdasarkan masalah tersebut, maka perlu adanya pembuatan rancangan sistem berbasis web dengan konsep Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut serta memaksimalkan hubungan pelanggan dengan perusahaan. Hasil penelitian ini berupa analisa dan perancangan berbasis website, use case diagram, sequence diagram dan prototype yang mendukung rancangan interface antara sistem dengan pengguna. Dengan analisa dan perancangan sistem informasi ini, diharapkan PT. Sejahtera Buana Trada dapat menarik pelanggan baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang telah ada sehingga dapat meningkatkan kuantitas pelayanan servis kendaraan (mobil).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
[1]
M. Rabbani and W. Usino, “UPAYA PENINGKATAN KUANTITAS SERVIS MOBIL PADA DILER DI PT. SEJAHTERA BUANA TRADA MENGGUNAKAN ELECTRONIC-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM)”, IDEALIS, vol. 1, no. 2, pp. 505-510, May 2018.
Section
Table of Content