RANCANG BANGUN DAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN SPAREPART MOTOR PADA A LIONG JAYA MOTOR MENGGUNAKAN METODE UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML)

  • Rizky Wardhana Oktavianto Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Dian Anubhakti Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: sistem informasi penjualan dan pembelian, metodologi merorientasi obyek, UML

Abstract

Sistem informasi penjualan dan pembelian sparepart, Keberadaan sistem informasi ini penting untuk A Liong Jaya Motor yang dijadikan sebagai tempat penelitian, karena sistem informasi penjualan dan pembelian sparepart yang ada ditempat tersebut belum terkelola dengan baik sehingga seringkali terjadi kesalahan dalam pembuatan laporan penjualan dan pembelian serta pengolahan data barang, pelanggan dan supplier. Tujuan dalam pengolahan data transaksi penjualan dan pembelian, meminimalisir kesalahaan dalam pencatatan data pembelian dan data penjualan. Tujuan penelitian tersebut dihasilkan beberapa kegunaan yang terdiri dari kegunaan praktis dan akademis. Metode penelitian yang sedang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi langsung. Sedangkan metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan terstruktur dan metode pengembanganya menggunakan metode waterfall. Cara pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Analisis dilakukan dengan menggunakan tools yaitu, Activity Diagram, Entity Relationship Diagram (ERD), Logical Record Structure (LRS). Perangkat lunak yang digunakan Windows 10, Microsoft visual studio 2008, dan Microsoft SQL Server 2000. Sistem informasi yang dibagun agar dapat memberikan kemudahan dalam pengolahan data penjualan dan pembelian baik dari penjualan kepada customer dan pembelian terhadap supplier serta pengolahan laporan agar lebih tepat dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02
How to Cite
[1]
R. Oktavianto and D. Anubhakti, “RANCANG BANGUN DAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PEMBELIAN SPAREPART MOTOR PADA A LIONG JAYA MOTOR MENGGUNAKAN METODE UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML)”, IDEALIS, vol. 2, no. 4, pp. 7-13, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>