DESAIN SISTEM INFORMASI BERBASIS OBJEK PADA LAYANAN PENJUALAN SUKU CADANG DAN JASA PERBAIKAN MOTOR STUDI KASUS: BENGKEL MAGELANG MOTOR TANGERANG

  • Redy Pratama Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Goenawan Brotosaputro Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: rancangan sistem informasi penjualan, suku cadang, service, bengkel, berbasis obyek

Abstract

Bengkel Magelang Motor adalah bengkel yang bergerak di bidang jasa servis dan penjualan suku cadang khusus sepeda motor. Pada bidang tersebut baik pihak kasir maupun pemilik bengkel masih mengalami kendala yaitu, bentuk pelayanan jasa serta administrasi penjualan pada bengkel ini masih manual, yang masih menggunakan buku tulis sebagai catatanya. Masalah yang sering terjadi pada instansi tersebut adalah adanya suatu kesalahan administrasi saat melakukan pengerjaan dan pencatatan. Penyimpanan nota - nota yang di gunakan sebagai arsip yang kurang rapih, yang menyebabkan sering terjadinya kesulitan dalam proses pencariannya, sehingga jika saat dibutuhkan laporan yang dicari akan memakan waktu yang lama dalam proses pembuatanya. Penulisan laporan terkadang tidak akurat dan tidak rapih, yang dapat menimbulkan salah pengertian antara kasir dengan pemilik bengkel. Berdasarkan hal di atas, maka perlu untuk dibuatkan sistem yang terkomputerisasi. Rancangan sistem yang akan digunakan yaitu berbasis objek. Analisa sistem yang sedang berjalan dibuat dengan Activity diagram dan penjelasan proses yang akan dibuat dengan use case diagram. Perancangan sistem yang dilakukan, menggunakan Unified Modeling Language. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Rancangan Sistem Informasi Penjualan Suku Cadang dan Jasa Perbaikan pada Bengkel Magelang Motor Tangerang Berbasis Objek” untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada pada instansi tersebut

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02
How to Cite
[1]
R. Pratama and G. Brotosaputro, “DESAIN SISTEM INFORMASI BERBASIS OBJEK PADA LAYANAN PENJUALAN SUKU CADANG DAN JASA PERBAIKAN MOTOR STUDI KASUS: BENGKEL MAGELANG MOTOR TANGERANG”, IDEALIS, vol. 2, no. 4, pp. 165-170, Jul. 2018.
Section
Table of Content