PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS DAN PELAYANAN TERHADAP CUSTOMER PADA ASTRIDO DAIHATSU OTISTA

  • Dewi Apriliani Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lauw Li Hin Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: electronic customer relationship management, mempertahankan pelanggan, bengkel

Abstract

Menyadari semakin kompleks selera dan permintaan pasar saat ini mempengaruhi kemajuan perusahaan baik di bidang jasa maupun produk. Dalam upaya mengimbangi persaingan dengan perusahaan lainnya, perusahaan menggunakan banyak cara dalam strategi mereka salah satu nya yaitu melalui pelanggan. Pelanggan merupakan aset terpenting bagi perusahaan. Kebanyakan perusahaan tidak hanya memilih untuk memuaskan kebutuhan pelanggan tetapi sudah membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan agar menjaga loyalitas pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu hal yang tepat bagi perusahaan untuk menciptakan hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggannya. Bengkel Astrido Daihatsu Otista merupakan bidang jasa perusahaan yang memiliki pelayanan perawatan mobil atau service pada bengkel dan penjualan suku cadang atau sparepart. Beberapa ditemukan kesulitan terhadap pelanggan. Mulai dari sulit mendapatkan pelanggan baru, sulit mengidentifikasi pelanggan yang sering melakukan transaksi, belum adanya menyampaian informasi jadwal service berkala kepada pelanggan, dan penyampaian keluhan hanya melalui lisan. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis website yang meyediakan Interface antara pelanggan dan pihak bengkel Astrido Daihatsu Otista untuk menyelesaikan permasalahan yang ada sehingga dapat meningkatkan jumlah perusahaan bagi perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-02
How to Cite
[1]
D. Apriliani and L. Hin, “PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS DAN PELAYANAN TERHADAP CUSTOMER PADA ASTRIDO DAIHATSU OTISTA”, IDEALIS, vol. 2, no. 4, pp. 220-225, Jul. 2018.
Section
Table of Content

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>