ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PEMBAYARAN UPAH DAN LEMBUR PEGAWAI BERBASIS DESKTOP DENGAN MENGGUNAKAN UML STUDI KASUS: PT.CATUR MITRA TARUMA

  • Bayu Sadewo Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hendri Irawan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: sistem informasi pembayaran upah dan lembur, uml modeling, sistem informasi penggajian

Abstract

PT.Catur Mitra Taruma adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penggemukan sapi. Dalam menjalankan usahanya, perusahaan ini membutuhkan banyak pegawai kontrak yang bekerja di beberapa bagian. Setiap minggu pegawai kontrak ini diberikan upah serta uang lembur jika pegawai tersebut menjalani sesuai ketentuan lembur. Seiring dengan berjalannya waktu, ditemukan beberapa permasalahan dalam proses pembayaran upah dan lembur. Diantaranya yaitu tidak adanya pencatatan pengeluaran kasbon, kurang efisien dalam proses pencatatan dan perhitungan upah, serta yang sangat tidak baik yaitu masih ditemukannya pembayaran upah yang tertunda. Melihat permasalahan tersebut penulis tertarik untuk menganalisa sistem yang sedang berjalan dan mengusulkan kepada perusahaan untuk mengembangkan sistem pembayaran upah dan lembur terkomputerisasi. Penelitian ini menggunakan metodologi UML, serta pembangunan aplikasinya dengan bahasa pemrograman desktop Microsoft Visual Studio 2008 dan database MySQL. Peneliti berharap penggunaan sistem informasi ini dapat meningkatkan kecepatan serta keakuratan pengolahan data dalam proses pembayaran upah dan lembur pegawai, serta mempercepat untuk mendapatkan informasi yang nantinya akan membantu pemilik perusahaan dalam mengambil keputusan dan mengatasi masalah-masalah yang terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-03
How to Cite
[1]
B. Sadewo and H. Irawan, “ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PEMBAYARAN UPAH DAN LEMBUR PEGAWAI BERBASIS DESKTOP DENGAN MENGGUNAKAN UML STUDI KASUS: PT.CATUR MITRA TARUMA”, IDEALIS, vol. 2, no. 1, pp. 222-227, Jan. 2019.

Most read articles by the same author(s)