IMPLEMENTASI DAN DESAIN PEMBELAJARAN INTERAKTIF HAFALAN DOA SEHARI-HARI PADA RA AL-HUSNA LARANGAN
Abstract
Pendidikan taman kanak-kanak adalah pendidikan anak usia dini yang berumur antara 4 sampai 6 tahun. Taman kanak-kanak memiliki peran yang cukup penting dalam mengembangkan kepribadian dan potensi anak. Bebagai macam metode dalam proses pembelajaran yang salah satunya dengan menggunakan metode media interaktif. Berdasarkan penelitian di RA Al-Husna Larangan, dapat ditemukan beberapa kekurangan dalam metode pembelajaran berbasis teknologi. Media interaktif ini dibuat karena pembelajaran sebelumnya masih menggunakan metode manual seperti bermain dan berhitung menggunakan jari. Dan belum pernah menggunakan media interaktif sebagai media pembelajaran pada RA Al-Husna Larangan. Dengan menggunakan metode pembelajaran berupa media interaktif ini, di harapkan dapat memudahkan proses pembelajaran bagi para staff pengajar di RA Al-Husna Larangan dan dapat memberikan suasana belajar mengajar yang baru serta meningkatkan semangat siswa dan siswi RA Al-Husna Larangan dalam kegiatan belajar. Maka dari itu penulis mengambil tema “Implementasi Objek Pembelajaran Interaktif Hafalan Doa Sehari-hari Pada RA Al-Husna Larangan” sebagai media pembelajaran dan penggunaan teknologi informasi yang efektif dan efisien untuk digunakan bagi para siswa dan siswi maupun wali murid. Hasil penulisan laporan ini berupa media pembelajaran interaktif yang bersifat edukasi sebagai salah satu bentuk media pembelajaran berbasis teknologi. Dan hasil implementasi dari penulisan laporan ini yaitu terciptanya multimedia interaktif dan implementasi desain berupa desain stationary dan merchandise.