PENERAPAN ELECTRONIC SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DALAM UPAYA MENGATASI PENGADAAN BAHAN BAKU UNTUK PRODUKSI PADA PT. BANDAR WIREPRIMA

  • Erwin Saputra Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Bullion Dragon Andah Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Electronic Supply Chain Management, Pengadaan Bahan Baku, E-SCM, PT. Bandar Wireprima, E-SCM Industri Baja

Abstract

Semakin majunya perkembangan industri apapun, apabila tidak memiliki sebuah sistem yang tidak dapat memberikan informasi secara efektif dan efesien, akan berdampak buruk pada kelangsungan kehidupan perusahaan tersebut yang mengakibatkan sulitnya bersaing dengan perusahaan yang sudah menciptakan sistem informasi yang baik. Untuk meningkatkan hasil usaha, dibutuhkan sistem yang dapat menyampaikan informasi dari supplier sampai ke perusahaan secara efektif dan efesien. PT. Bandar Wireprima merupakan salah satu Perusahaan yang bergerak di bidang Industri Baja, salah satu jenis produksi dari PT. Bandar Wireprima adalah berupa Kawat Duri / Kawat Seng. Saat ini, proses pengadaan bahan baku terkadang mengalami keterlambatan dikarenakan respon yang lambat dari supplier, kualitas bahan baku yang tidak menentu dari supplier, sulitnya memprediksi stok bahan baku, dan tidak tersedianya informasi laporan harga yang pimpinan untuk pengambilan keputusan. Peneliti bertujuan untuk mengembangkan sistem yang sudah berjalan dengan pengumpulan data sebelumnya dan melakukan pendekatan melalui metode supply chain management. Penelitian ini dapat memberikan informasi berupa notifikasi pengingat untuk email ke supplier, membuat daftar laporan follow up supplier, laporan kebutuhan stock berupa grafik dan tabel, laporan rekapitulasi penawaran harga dan juga informasi daftar pencekalan supplier-supplier bahan yang kurang baik sehingga sistem Electronic Supply Chain Management ini dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Prihatmanto, B, Supply Chain. Jakarta: Kompas Gramedia, 2018.

Sakti, F. (2016). Konsep Supply Chain Management (SCM) Pda proses produksi dalam Pengeleloaan Persediaan Bahan Baku. Jurnal Teknologi Informasi, Volume 12, Nomor 2, Agustus 2016.

Taufiq, R, Sistem Informasi Management, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013, p.18.

Mulyani, S. Metode Analisis dan Peracangan Sistem. Jakarta: Abdi Sistematika.

Pujawan, I., & Mahendrawathi. (2012). Supply Chain Management, Edisi Kedua. Surabaya: Guna Widya.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
E. Saputra and B. Andah, “PENERAPAN ELECTRONIC SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DALAM UPAYA MENGATASI PENGADAAN BAHAN BAKU UNTUK PRODUKSI PADA PT. BANDAR WIREPRIMA”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 14-19, Jan. 2020.