PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PENJUALAN PADA PT. CIPTA ANEKA BUAH

  • Wendy william Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Bullion Dragon Andah Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: PT. Cipta Aneka Buah, E-CRM, distributor buah dan sayuran, Penerapan E-CRM

Abstract

PT. Cipta Aneka Buah merupakan perusahaan distributor buah dan sayuran import dan lokal. PT. Cipta Aneka Buah memiliki berbagai macam varian buah dan sayur impor maupun lokal yang berkualitas dan terjamin keamanannya. PT. Cipta Aneka Buah memiliki tempat penyimpanan (cold storage) yang luas, sehingga kesegaran buah dan sayur  terjaga hingga ke tangan pelanggan. Akan tetapi banyak permasalahan diantaranya,banyak keluhan pelanggan yang tidak ditanggapi, pelanggan tidak mengetahui detil produk, dan kondisi produk saat ke tangan pelanggan sudah rusak.Oleh karena itu, diperlukanya E-CRM untuk mengatasi masalah tersebut seperti membuat website yang menampilkan detail produk-produk, di website tersebut pelanggan dapat menuliskan keluhanya dan pelanggan dapat mengecek produk sudah sampai mana saat pengiriman. Dengan diterapkannya E-CRM dalam penelitian ini, peneliti berharap agar E-CRM dapat mengatasi masalah tersebut dan mempertahankan omset penjualan yang tidak tercapai sehingga kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan dapat terjaga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sutabri. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta. 2012

Hasibuan. Manajemen Perubahan. Jakarta. 2012

Farooqi, Dhusia. A Comparative Study Of Crm And E-Crm Technologies. Computer Science and Engineering. P.624-627. 2011

Fjermestad. Electronic Customer Relationship Management. New York. 2015

Saeger, The Ishikawa Diagram: Identify Problems and Take Action (First Edit). 2015

Riswan E. Tarigan, Arnon M Sugiharto, Andree E. Widjaja. 2017. Pengaruh faktor-faktor Customer Relationship Management (CRM) terhadap kepuasan pelanggan : Studi Kasus Hypermart. Jakarta

Yan Andriariza AS. Perancangan Aplikasi Berbasis (CRM) untuk IKM Tas Yanri di Bogor. 2013

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
W. william and B. Andah, “PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PENJUALAN PADA PT. CIPTA ANEKA BUAH”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 20-25, Jan. 2020.