PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PENJUALAN PADA PT. CIPTA ANEKA BUAH
Abstract
PT. Cipta Aneka Buah merupakan perusahaan distributor buah dan sayuran import dan lokal. PT. Cipta Aneka Buah memiliki berbagai macam varian buah dan sayur impor maupun lokal yang berkualitas dan terjamin keamanannya. PT. Cipta Aneka Buah memiliki tempat penyimpanan (cold storage) yang luas, sehingga kesegaran buah dan sayur terjaga hingga ke tangan pelanggan. Akan tetapi banyak permasalahan diantaranya,banyak keluhan pelanggan yang tidak ditanggapi, pelanggan tidak mengetahui detil produk, dan kondisi produk saat ke tangan pelanggan sudah rusak.Oleh karena itu, diperlukanya E-CRM untuk mengatasi masalah tersebut seperti membuat website yang menampilkan detail produk-produk, di website tersebut pelanggan dapat menuliskan keluhanya dan pelanggan dapat mengecek produk sudah sampai mana saat pengiriman. Dengan diterapkannya E-CRM dalam penelitian ini, peneliti berharap agar E-CRM dapat mengatasi masalah tersebut dan mempertahankan omset penjualan yang tidak tercapai sehingga kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan dapat terjaga.
Downloads
References
Sutabri. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta. 2012
Hasibuan. Manajemen Perubahan. Jakarta. 2012
Farooqi, Dhusia. A Comparative Study Of Crm And E-Crm Technologies. Computer Science and Engineering. P.624-627. 2011
Fjermestad. Electronic Customer Relationship Management. New York. 2015
Saeger, The Ishikawa Diagram: Identify Problems and Take Action (First Edit). 2015
Riswan E. Tarigan, Arnon M Sugiharto, Andree E. Widjaja. 2017. Pengaruh faktor-faktor Customer Relationship Management (CRM) terhadap kepuasan pelanggan : Studi Kasus Hypermart. Jakarta
Yan Andriariza AS. Perancangan Aplikasi Berbasis (CRM) untuk IKM Tas Yanri di Bogor. 2013
Copyright (c) 2020 IDEALIS : InDonEsiA journaL Information System
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.