PENJUALAN ONLINE BERBASIS E-COMMERCE PADA TOKO ADHIZZSHOP DENGAN MENGGUNAKAN WOOCOMMERCE

  • Syuhendra Syuhendra Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Content Management System, Adhizzshop, Penjualan Pakaian Anak

Abstract

Adhizzshop merupakan sebuah badan usaha perorangan yang bergerak dalam bidang penjualan pakaian untuk anak-anak. Dalam mengembangkan penjualan selain menjual produk secara offline juga menjual produk secara online. Proses bisnis yang ada terjadi pada toko ini yaitu pelanggan dapat datang langsung ke toko adhizzshop atau pelanggan bisa melakukukan pemesanan melalui whatsapp dan facebook. Kendala yang terjadi pada Adhizzshop kurang maksimalnya pemasaran produk yang dijual dan tidak adanya pembuatan laporan penjualan serta masalah dalam pengolahan data. Berdasarkan permasalahan yang ada  pada adhizzshop peneliti melakukan perancangan dalam pembuatan sebuah website E-Commerce untuk memudahkan proses penjualan secara online. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian terapan (Applied Research). Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, analisa dokumen dan studi literatur. Analisis dan perancangan sistem E-Commerce menggunakan metodologi berorientasi obyek serta implementasi sistem E-Commerce menggunakan Content Management System ( CMS ) wordpress dengan plugin woocommerce. Penelitian ini menghasilkan aplikasi E-Commerce yang dapat menunjang penjualan dan pengolahan data penjualan serta transaksi yang ada pada Toko Adhizzshop.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Shabur, M. M., Heru, S. dan Riyadi, ‘Implementasi E-commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang)’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 29, pp. 1–9., 2015

R. P. Hastani, B.E. Purnama, dan I. U. Wardati, “Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan,” Indian Journal of Pure and Applied Mathematics, vol. 3, pp. 1–9, Sept. 2015.

N. A. Yati, E. Fernando, dan A. Rahim, “Perancangan Aplikasi E-Commerce Pada Toko I’M Collection WTC Jambi,”Jurnal Proccesor, vol. 12, pp. 1021–1035, Oct. 2017.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,”ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, pp. 182–189, Aug.

Hamdani, Agus Umar dan Mubarak, Rakha Luri., “Model E-Commerce Dengan Metode Web Engineering Method Untuk Menunjang Pemasaran Produk Pada XYZ Pet Shop”, Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank 2019, ISBN : 978-979-3649-99-3, Semarang : Universitas STIKUBANK.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
S. Syuhendra and A. Hamdani, “PENJUALAN ONLINE BERBASIS E-COMMERCE PADA TOKO ADHIZZSHOP DENGAN MENGGUNAKAN WOOCOMMERCE”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 26-33, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)