PERANCANGAN E-COMMERCE DENGAN METODE PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA TOKO SURYA AGUNG ELEKTRIK

  • Anggi Ramadhan Sistem Informasi
  • Lusi Fajarita Sistem Informasi
Keywords: E-Commerce, Business Model Canvas, Wordpress, Listrik, CMS

Abstract

E-Commerce (Elektronic commerce) juga di sebut perdagangan elektronik merupakan sebuah pelangganan, penjualan, pemasaran Produk dan jasa melalui internet dan jaringan komputer. Semua komponen yang ada dalam transaksi penjualan di aplikasikan dalam E-Commerce seperti layanan produk, cara pembayaran, dan cara promosi. Penulis mengambil studi kasus pada Toko Surya Agung Elektrik, Surya Agung Elektrik merupakan sebuah toko listrik yang berlokasi di Jalan Kedoya Duri Raya, Kelurahan Kedoya Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Masih banyak masalah yang dihadapi pada Toko Surya Agung ini dikarenakan tempat penjualan yang kecil dan berada di pinggir jalan sehingga tidak ada lahan parkir dan pelanggan malas untuk antri, pihak pemilik pun tidak memiliki media khusus untuk promosi Produk, serta untuk pengecekan stok Produk, pembuatan nota transaksi, dan pembuatan laporan masih dilakukan secara manual. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun website e-commerce menggunakan Content Management System CMS yaitu wordpress. Penelitian ini juga menggunakan metode Bussiness Model Canvas (BMC) dan Search Engine Optimization (SEO) untuk membantu Toko Surya Agung Elektrik dalam penjualan. Hasil dari penelitian ini untuk membangun sebuah website e-commerce yang bertujuan untuk mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi tanpa adanya batasan waktu dan tempat, serta memudahkan pemilik toko dalam meningkatkan penjualan dan membuat laporan yang dibutuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
[1]
A. Ramadhan and L. Fajarita, “PERANCANGAN E-COMMERCE DENGAN METODE PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA TOKO SURYA AGUNG ELEKTRIK”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 137-144, Nov. 2019.
Section
E-Business/E-Commerce