REKRUTMEN PEGAWAI BARU DENGAN METODE PROFILE MATCHING DALAM MENUNJANG KEPUTUSAN, STUDI KASUS : AL-BAYAN ISLAMIC SCHOOL

  • Muhammad Royyan Ratmaja Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Grace Gata Sistem Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: Penunjang Keputusan, Profile Matching, Rekrutmen Pegawai

Abstract

Al-Bayan Islamic School adalah sebuah lembaga pendidikan islam yang bergerak di bidang pendidikan. Masalah yang dihadapi dalam proses rekrutmen pegawai baru adalah terdapatnya subjektifitas ketika terdapat nilai antara pelamar yang hampir sama, pengambilan keputusan yang kurang akurat, membutuhkan waktu yang cukup lama dalam membandingkan antara pelamar, lambatnya dalam pemenuhan kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sistem penunjang keputusan yang dapat membantu dalam mendapatkan calon pegawai yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh Al-Bayan Islamic School, serta dapat mengurangi tingkat subjektifitas dalam proses menentukan pelamar mana yang akan diterima sebagai pegawai Al-Bayan Islamic School. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem penunjang keputusan dengan menggunakan metode Profile Matching sebagai metode untuk menentukan nilai akhir alternatif (pelamar). Laporan yang dihasilkan oleh sistem ini salah satunya adalah laporan ranking dari semua alternatif (pelamar) yang sudah diurutkan berdasarkan nilai alternatif terbesar sampai terkecil. Sistem penunjang keputusan untuk rekrutmen pegawai baru ini dibuat dengan menggunakan MySql sebagai database dan Microsoft Visual Studio 2008 sebagai tool pembuatan sistem. Sistem yang dibuat dapat mempercepat proses perekrutan pegawai, karena proses pendataan, perhitungan serta pencetakan nilai dilakukan dalam satu sistem dimana terdapat nilai akhir dari setiap pelamar sehingga dapat menentukan pilihan dengan cepat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-06
How to Cite
[1]
M. Ratmaja and G. Gata, “REKRUTMEN PEGAWAI BARU DENGAN METODE PROFILE MATCHING DALAM MENUNJANG KEPUTUSAN, STUDI KASUS : AL-BAYAN ISLAMIC SCHOOL”, IDEALIS, vol. 2, no. 3, pp. 232-238, May 2019.
Section
Table of Content