WEBSITE ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BPR DHANA SEMESTA

  • Puspa Budiarti Sistem Informasi
  • Bullion Dragon Andah Sistem Informasi
Keywords: Electronic Customer Relationship Management, kepuasan dan loyalitas pelanggan, website

Abstract

 

Dunia perbankan di tanah air kini semakin agresif untuk menarik perhatian nasabahnya dengan iming-iming kemudahan, keamanan dan kenyamanan, terutama dalam BPR yang semakin banyak bertumbuh di Indonesia khususnya di Tangerang. Jalinan hubungan baik dengan pelanggan merupakan kunci penting untuk pertumbuhan BPR itu sendiri dimana pelanggan dalam dunia perbankan dapat disebut juga sebagai nasabah. CRM merupakan strategi yang tepat untuk menciptakan hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan pelanggan-nya dan dengan teknologi informasi yang sudah banyak dikembangkan sebagai indikator dalam memuaskan dan mempertahankan pelanggan yang setia, maka BPR Ciledug Dhana Semesta berusaha semampu mungkin menyediakan teknologi informasi guna mendukung kegiatan jasa-nya. BPR Ciledug Dhana Semesta merupakan salah satu BPR yang menyediakan jasa simpanan dan pinjam meminjam dengan beberapa masalah di dalamnya terkait dengan loyalitas pelanggan. Mulai dari kurangnya penghargaan untuk nasabah lama, nasabah kredit yang dapat tertagih lebih dari satu kali, tertundanya penanganan keluhan dan ketidakpercayaan masyarakat karena sulitnya mencari tahu penilaian nasabah lama terkait BPR Ciledug Dhana Semesta. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yang dapat diakses melalui website. Sistem ini dibangun dengan metodologi waterfall dan dapat menjadi perantara komunikasi antara BPR Ciledug Dhana Semesta dan para nasabah, dapat menyelesaikan permasalahan yang ada serta dapat meningkatkan jumlah, rasa kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
[1]
P. Budiarti and B. Andah, “WEBSITE ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH BPR DHANA SEMESTA”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 199-206, Nov. 2019.