PENERAPAN E-COMMERCE GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PENJUALAN PADA KARTIKA OPTIK
Abstract
Kartika Optik adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam kacamata. Proses bisnis pada bagian penjualan barang di Toko Kartika Optik masih dilakukan secara offline, dimana customer harus mendatangi toko untuk membeli barang yang diinginkan. Masalah penjualan secara langsung berkaitan dengan ruang lingkup dan waktu yang terbatas. Dari permasalahan tersebut maka penulis membuat sebuah website E-Commerce. Adapun langkah pengumpulan data yang dilakukan yaitu analisa dokumen, wawancara, pengamatan, dan studi pustaka. Kemudian dilanjutkan dengan membuat Business Model Canvas (BMC), dapat membantu untuk mempercepat proses analisis kekuatan dan kekurangan bisnis. Serta untuk analisis desain sistem menggunakan diagram yang ada dalam UML, yaitu activity diagram, use case diagram, class diagram, dan system sequence diagram. Fokus Penulis pada penelitian ini adalah penyampaian informasi produk dan penjualan produk kepada customer secara online. Maka Penulis juga menggunakan teknik SEO agar website Kartika Optik bisa lebih optimal dan dikenal. Manfaat yang didapat dari penerapan sistem E-Commerce ini adalah customer tidak perlu bertatap muka langsung dengan penjual sehingga proses transaksi akan lebih efisien, dan keuntungan berupa ruang lingkup yang lebih luas dan waktu yang banyak sehingga dapat menjawab persoalan penjualan secara langsung.