PENERAPAN METODE PERBANDINGAN EKSPONENSIAL (MPE) SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENUNJANG PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK PADA PD. TIARAMAS GLASSINDO

  • Vanya Eka Syafitri Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Humisar Hasugian Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: PD.Tiaramas Glassindo, Sistem Penunjang Keputusan, Pemilihan Karyawan Terbaik, Perbandingan Eksponensial (MPE), Perancangan SPK, Decision Support System

Abstract

Penelitian yang penulis buat membahas tentang sistem penunjang keputusan pemilihan karyawan terbaik pada PD. Tiaramas Glassindo yang bertujuan untuk menghasilkan keputusan dalam pemilihan karyawan terbaik sesuai dengan kriteria pada PD. Tiaramas Glassindo. Masalah yang terjadi sekretaris mengalamin kesulitan dalam proses pengolahan data dan nilai. Sedangkan direktur utama mengalami kesulitan dalam rekap nilai mengurutkan dari yang terbesar sampai yang terkecil yang hanya dilakukan sendiri mengakibatkan proses pemilihan karyawan terbaik belum maksimal dan membutuhkan waktu yang lama. Diperlukan suatu sistem penunjang keputusan (SPK) yang dapat memperhitungkan nilai karyawan dari setiap kriteria yang sudah ditentukan oleh PD. Tiaramas Glassindo untuk proses pengambilan keputusan. Menerapkan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) dengan menggunakan kriteria-kriteria yang sudah ditetapkan perusahaan yaitu kehadiran ditempat kerja, ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas, tanggung jawab dan profesionalitas dalam bekerja, kejujuran, dan komunikasi pada customer. Laporan yang dihasilkan dalam sistem ini adalah cetak karyawan terbaik yang akan diserahkan langsung secara pribadi kepada karyawan yang terpilih sebagai karyawan terbaik, laporan hasil karyawan terbaik yang menampilkan nilai data karyawan beserta keterangan terpilihnya karyawan menjadi karyawan terbaik atau tidak terpilih, laporan history nilai karyawan, dan laporan history karyawan terbaik dari tiap periode. Sistem penunjang keputusan pemilihan karyawan terbaik yang dibuat penulis menggunaan bahasa pemprograman PHP Framework Laravel, serta menggunakan database MySQL  yang dijalankan di sistem operasi Windows.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. V Palit, Y. D. Y. Rindengan, and A. S. M. Lumenta, “Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang,” E-Journal Tek. Elektro dan Komput., vol. 4, no. 7, pp. 1–7, 2015.

H. Murdianto, D. M. Khairina, and H. R. Hatta, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Per Triwulan PT. Cahaya Fajar Kaltim PLTU Embalut Tanjung Batu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 24–29, 2016.

F. H. Rohmat Indra Borman, “Penerapan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Siswa Berprestasi Pada SMK XYZ,” J. Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 17–22, 2018.

N. Purwati and H. Kurniawan, “Studi Pengembangan Prototype Knowledge Management Pada Pengecekan Judul Tugas Akhir atau Skripsi Fakultas Ilmu Komputer IBI Darmajaya,” Konf. Nas. Sist. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 9–10, 2015.

H. Hasugian and E. Putra, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Pegawai Terbaik Dengan Metode AHP dan SAW Pada PT. Sukma Jaya Mandiri,” J. Telemat. MKOM, vol. 9, no. 3, pp. 102–107, 2017.

S. Pami, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan terbaik dengan Metode Promethee (Studi Kasus : PT. Karya Abadi Mandiri),” J. Pelita Inform., vol. 16, no. 3, pp. 298–301, 2017.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
V. Syafitri and H. Hasugian, “PENERAPAN METODE PERBANDINGAN EKSPONENSIAL (MPE) SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENUNJANG PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK PADA PD. TIARAMAS GLASSINDO”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 56-62, Jan. 2020.

Most read articles by the same author(s)