IMPLEMENTASI RANCANGAN E-COMMERCE PADA SURYA TIMUR COLLECTION DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS)

  • Farhan Ramadhan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Lusi Fajarita Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Surya Timur Collection, Sistem Penjualan Online, Bussines Model Canvas (BMC)

Abstract

Surya Timur Collection adalah sebuah badan usaha perorangan yang bergerak di bidang penjualan pakaian pria dan wanita yang berlokasi di Jl. Margonda Raya No.56, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Dalam melakukan penjualan, Surya Timur Collection memiliki kendala dalam melakukan pengelolaan data penjualan dan belum tersedianya media untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produknya ke masyarakat luas. Hal itu dapat berimbas bagi kemajuan toko tersebut di masa yang akan datang. Oleh karena itu, Surya Timur Collection sudah harus memanfaatkan teknologi internet untuk mengembangkan website E-Commerce (Electronic Commerce) untuk dapat mempromosikan produk yang tersedia ke masyarakat luas dan dapat memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi di toko mereka. Dengan merancang sistem E-Commerce, diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi Surya Timur Collection. Sehingga dapat mempermudah kegiatan penjualan serta mampu bertahan dan bersaing dengan seluruh badan usaha serupa yang memanfaatkan teknologi seperti yang ada saat ini. Penulis terlebih dahulu menganalisa menggunakan Bussines Model Canvas (BMC), setelah itu penulis mengimplementasikan sistem E-Commerce dengan menggunakan Wordpress. Penulis berharap dengan adanya perancangan sistem penjualan online E-Commerce dapat mempermudah proses penjualan yang ada dan dapat membantu mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada Surya Timur Collection.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Johnson, “Practical Communication Skill”, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.

A. Dewangga, and B. Soepeno, “Penggunaan Aplikasi CMS Wordpress Untuk Merancang Website Sebagai Media Promosi pada Maroon Wedding Malang”, Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, pp. 63-69, 2014.

R. P. Hastanti, B. E. Purnama, and I. U. Wardati, “Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan”, Bianglala Informatika, 3(2), pp. 1-9, 2018.

S. Rahman, “Kitab Sakti SEO”, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.

Andi, “Sukses Berbisnis Toko Online dengan Wordpress dan Woocommerce”, Semarang: Wahana Komputer, 2015.

A. Prajatama, M. Rusli, and N. W. Deriani, “Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Strategi Permainan Catur”, Jurnal Sistem dan Informatika, 9(2), pp. 24-35, 2015.

A. Setyoningrum, P. I. Santosa, and N. A. Setiawan, “Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Arsip Bangunan Berbasis User Centered Design (Ucd)”. Prosiding Seminar Nasional Geotik 2017, pp. 157-167, 2017.

V. Yasin, “Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek”, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012.

E. Triandini, dan I.G. Suardika, “Step By Step Desain Proyek Menggunakan UML”, Yogyakarta: CV. Andi Offset, p. 71, 2012.

A. Osterwalder, and Y. Pigneur, “Business Model Generation”, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
F. Ramadhan and L. Fajarita, “IMPLEMENTASI RANCANGAN E-COMMERCE PADA SURYA TIMUR COLLECTION DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) BERBASIS CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS)”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 251-259, Jan. 2020.