PENERAPAN METODE E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BARANG PADA TOKO NAJWA JEANS

  • Zakki Mubarak Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Ady Widjaja Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Bussiness Model Canvas, Search Engine Optimization, Najwa Jeans, Penjualan Celana Jeans

Abstract

Najwa Jeans adalah perusahaan yang bergerak di bidang bisnis yang menjual berbagai macam celana jeans. Proses bisnis pada bagian penjualan barang di toko najwa jeans masih bersifat konvensional dimana pelanggan harus datang langsung ke toko untuk membeli barang, persoalan penjualan secara langsung tersebut membuat lingkup penjualan menjadi terbatas. Dari permasalahan itu dibuatkan sebuah website e-commerce. Langkah pengumpulan data pun dilakukan dengan cara observasi, wawancara, Analisa dokumen, dan studi pustaka. Lalu dilanjutkan dengan pembuatan Bussines Model Canvas (BMC) yang dapat membantu mempercepat proses analisis kekuatan dan kekurangan bisnis yang dijalani. Untuk analisis sistem menggunakan metode UML (Unified Modeling Language) yaitu activity diagram, use case diagram, class diagram, dan system sequence diagram. Pada penelitian ini juga diterapkan metode SEO (Search Engine Optimization) untuk memasarkan produk di google agar menjadi nomor satu di halaman google. Focus penelitian ini menyampaikan informasi produk dan penjualan produk secara online kepada pelanggan. Manfaat yang didapat adalah pelanggan tidak perlu lagi untuk datang langsung ke toko sehingga proses transaksi menjadi efisien dan ruang lingkup yang menjadi luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hastanti, R.P., Purnama, B.E., dan Wardati, I.U., Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan, Jurnal Bianglala, 3(2), 1–9. 2015.

Manulang, D., Abdillah, L. A., & Kurniawan. Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) Menggunakan CMS Wordpress pada Toko Soraya Shop dengan Menerapkan Metode RAD. SHaP-SITI, 7–12.2017.

Wulandari, aprilia siska., Sistem Informasi Penjualan Produk Berbasis Web Pada Chanel Distro Pringsewu. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 4, 1–7.2015.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
Z. Mubarak and A. Widjaja, “PENERAPAN METODE E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BARANG PADA TOKO NAJWA JEANS”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 70-77, Jan. 2020.