RANCANGAN E-CRM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. DIGITAL TRAVEL INDONESIA

  • Aldis Fakhri Sorengpati Sistem Informasi
  • Bullion Dragon Andah Sistem Informasi
Keywords: Customer Relationship Management, target penjualan, Electronic Customer Relationship Management

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi informasi menyebabkan kita harus menerapkan teknologi informasi kedalam suatu bisnis. Salah satu cara yang dapat diterapkan agar perusahaan dapat mendapatkan pelanggan baru dan mempertahan pelanggan setia adalah dengan menerapkan teknologi informasi kedalam proses bisnis. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Customer Relationship Management (CRM) agar perusahaan terus mendapatkan pelanggan baru dan juga tetap memperhatikan pelanggan yang ada. PT. Digital Travel Indonesia adalah sebuah biro jasa perjalanan wisata mancanegara, setelah 5 tahun berdiri untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mencari pelanggan baru perusahaan dapat terbilang masih sulit, sehingga menyebabkan target penjualan perusahaan tidak tercapai. Beberapa masalah yang dihadapi oleh perusahaan adalah lambatnya merespon keluhan dikarenakan perusahaan harus mencari paket tour yang digunakan, belum adanya testimoni dari pelanggan sehingga perusahaan sulit mendapatkan calon pelanggan, tidak adanya informasi ketersediaan paket tour dan informasi slot paket tour, dan tidak adanya informasi pelanggan yang loyal sehingga perusahaan sulit untuk memberikan diskon kepada pelanggan yang loyal. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis web untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, dan diharapkan dapat menjawab masalah target penjualan tidak tercapai yang dialami oleh PT. Digital Travel Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-05
How to Cite
[1]
A. Fakhri Sorengpati and B. Dragon Andah, “RANCANGAN E-CRM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. DIGITAL TRAVEL INDONESIA”, IDEALIS, vol. 2, no. 6, pp. 187-193, Nov. 2019.