PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DENGAN MODEL QCDFR UNTUK PEMILIHAN SUPPLIER TERBAIK PADA UD. BAYU AGUNG FURNITURE

  • Bayu Aji Susilo Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Deni Mahdiana Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: UD. Bayu Agung Furniture, Analytical Hierarchy Process (AHP), Simple Additive Weighting (SAW), SPK Supplier Terbaik, Perancangan Aplikasi SPK, Sistem Penunjang Keputusan

Abstract

Bayu Agung Furniture adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi mabel dan furniture, dalam oprasionalnya UD.Bayu Agung Furniture membutuhkan supplier untuk memasok bahan baku produksi. Salah satu upaya dalam mendapatkan supplier terbaik dan berkualitas adalah melakukan pemilihan supplier, karena itu pemilihan dalam pemasok bahan baku atau supplier sangat penting dalam perusahaan produksi. Akan tetapi, UD. Bayu Agung Furniture memiliki masalah dalam pengambilan keputusan supplier tersebut sepertitidak bisa menentukan supplieryang tepat menyebabkan terjadinya kekurangan bahan baku karena keterlambatan dalam pengiriman bahan baku, beberapa bahan baku tidak sesuai pesanan atau rusak, dan harga bahan baku yang mahal. Untuk menghadapi masalah yang terjadi Bayu Agung Furniture memerlukan teknik untuk menentukan supplier yang tepat, dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem penunjang keputusan pemilihan supplier terbaik dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW). Dari penelitian ini menghasilkan bobot dari tiap kriteria adalah 0,291 untuk Quality, 0,220 untuk Cost, 0,153 untuk Delivery, 0,230 untuk Flexibility dan 0,107 untuk Responsiviness. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan supplier terpilih adalah Sinar Mas Cermerlang untuk produk Kayu dengan nilai 0,891. sistem ini dapat membantu jalannya operasional perusahaan dalam mengambil keputusan supplier terbaik secara cepat dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Limansantoso, Maria Felicia. Pemilihan Supplier Produk Calista Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Pada PT. Buana Tirta Utama, Gresik. JURNAL CALYPTRA. Vol. 2. 2013.

Hasdi, Randy Floranno., Pantjawati Sudarmaningtyas, dan Antok Supriyanto. Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Pada Derry Auto Service Dengan Metode AHP. JSIKA. Vol. 3. 2014.

Wulandari, Ninik., Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Di PT. Alfindo Dengan Metode Analytical Hierarchy Process. JURNAL SISTEM INFORMASI. Vol. 1. 2014.

Dzulhaq, Muhammad Iqbal dan Budi Prima Haryoko. Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Supplier Terbaik dalam Mengirim Barang dengan Metode AHP, Interpolasi, Profile Matching, dan SAW di PT. Eglin Pharma. JURNAL SISFOTEK GLOBAL. Vol. 6. 2016.

Turban, E, Sharda, R, Delen, D, Decision Support and Business Intelligence Systems, New Jersey: Person Education, 2011.

Muslim, Bilal dan Yani Iriani. Pemilihan Bahan Baku Tinta dengan Menggunakan Metode AHP. National Conference: Design and Application of Technology, 2010.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
B. Susilo and D. Mahdiana, “PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DENGAN MODEL QCDFR UNTUK PEMILIHAN SUPPLIER TERBAIK PADA UD. BAYU AGUNG FURNITURE”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 78-84, Jan. 2020.