IMPLEMENTASI PENJUALAN BEBASIS E-COMMERCE PADA TOKO SYNERGIE MOTOR

  • Arief Widyanto Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Hestya Patrie Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Keywords: E-Commerce, Rancang Bangun E-Commerce, Penjualan Suku Cadang, Synergie Motor

Abstract

SYNERGIE MOTOR merupakan sebuah toko suku cadang yang berada di kota Jakarta synergie motor berdiri sejak tahun 2009 yang dimiliki oleh Buldani Muslim. Synergie Motor menyediakan berbagai suku cadang, mobil, botol klep pregio, lahar roda RR luar travello, joint kopel ceres, metal bulan CNV.D, selang radiator lower sportage dan produk suku cadang lainnya, permasalahan yang dihadapi sekarang. Kesulitan memasarkan stok produk lama mengakibatkan stok produk lama tidak terjual, kurang media promosi untuk memasarkan produk terbaru sehingga pelanggan kurang mengetahui produk terbaru dari synergie motor, kurang optimalnya dalam melakukan pemesanan karena pelanggan hanya dapat melakukan pemesanan dengan datang langsung ke toko, pelanggan tidak mengetahui barang apa saja  yang telah terjual karena tidak ada informasi rekapitulasi barang yang telah terjual. tidak ada module untuk konfirmasi pembayaran secara online mengakibatkan bagian penjualan dan pemilik sulit mengetahui pelanggan mana yang sudah melakukan pembayaran dan tidak adanya laporan transaksi secara online misalnya laporan pemesanan, pembayaran, pengiriman, retur dan rekapitulasi barang terlaris sehingga pemilik sulit mengetahui laporan transaksi secara online setiap bulannya. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sistem yang berbasis online sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan informasi dalam pengambilan keputusan yang memudahkan berjalannya aktivitas transaksi dan laporan. Pembangunan Sistem Informasi dengan pemrograman Bahasa PHP dengan menggunakan MySQL sebagai basis datanya. Dengan sistem berbasis online dan terkomputerisasi agar membantu proses pengolahan dan mengontrol data transaksi. Dengan adanya sistem berbasis online dan komputerisasi dapat menghasilkan data lebih tepat, akurat dan tempat waktu yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rintho Rante Rerung. E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Jaluanto Sunu Punjul Tyoso. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Hutahaean, Jeperson. Konsep Sistem Informasi, 2015.

Muhamad Muslihudin, Oktafianto. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Perpustakan Nasional: Andi, 2016.

Supono, putratama. Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Published
2020-01-18
How to Cite
[1]
A. Widyanto and H. Patrie, “IMPLEMENTASI PENJUALAN BEBASIS E-COMMERCE PADA TOKO SYNERGIE MOTOR”, IDEALIS, vol. 3, no. 1, pp. 92-100, Jan. 2020.